Manajemen Kurikulum Merdeka Pada Program P5 di SDN Banaran 1 Kota Kediri

Tutuko, Andiny Septi Nurqoyyuum (2025) Manajemen Kurikulum Merdeka Pada Program P5 di SDN Banaran 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205012_prabab.pdf

Download (961kB)
[img] Text
21205012_bab1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
21205012_bab2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
21205012_bab3.pdf

Download (304kB)
[img] Text
21205012_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB)
[img] Text
21205012_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
21205012_bab6.pdf

Download (140kB)
[img] Text
21205012_daftarpustaka.pdf

Download (172kB)
[img] Text
21205012_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21205012_lembarpernyataanpersetujuanpublikasikaryailmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menekankan pada pengalaman belajar yang menyenangkan dan berfokus pada peserta didik, sehingga memberikan kebebasan kepada guru untuk menciptakan ragam metode pengajaran demi tercapainya proses pembelajaran. Kurikulum ini memiliki struktur dan keunikan yang khas, salah satunya terletak pada program yang dikenal dengan sebutan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, atau disingkat P5. Penelitian ini dilakukan di SDN Banaran 1 Kota Kediri dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kurikulum, khususnya dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Program P5. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru kelas 1 dan 5, serta dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum merdeka pada program P5 di SDN Banaran 1 Kota Kediri dilakukan melalui perencanaan yang terstruktur mulai dari pembentukan tim dan fasilitator, menentukan serta merancang tema P5 yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, menentukan dimensi dan alokasi waktu serta, menyusun modul, kemudian penyelarasan program P5 dengan visi misi sekolah, relevansi program P5 dengan TP serta pengidentifikasian kebutuhan guru dan siswa oleh kepala sekolah, Adapun tahap pelaksanaannya berjalan dengan baik dan lancar yang melibatkan siswa dan guru secara aktif. Program ini dilaksanakan melalui berbagai kegiatan pembiasaan P5 dan proyek atau kegiatan pada tema yang sudah di tentukan dan terintegrasi dengan dimensi penguatan profil pelajar pancasila. Dalam pelaksanaan dukungan pelatihan dan panduan dari sekolah juga diperlukan, kemudian dalam pelaksanaan juga terdapat tantangan seperti perbedaan kemampuan dan karakter siswa. Evaluasi program P5 dilakukan melalui asesmen sumatif dan formatif. Evaluasi juga melibatkan kepala sekolah, guru, dan wali murid, dengan fokus pada pencapaian hasil program dan perubahan perilaku siswa. Indikator keberhasilan seperti dampak pembiasaan terhadap karakter siswa juga diperhatikan. Hasil evaluasi ini menjadi dasar untuk perbaikan dan pengembangan program agar lebih efektif dan efisien ke depannya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andiny Septi Nurqoyyuum Tutuko
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:06
Last Modified: 04 Aug 2025 04:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18338

Actions (login required)

View Item View Item