GHURROH, FIRLY AINUL (2025) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V MI Islamiyah Geluran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932605918_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
932605918_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
932605918_BAB II LANDASAN TEORI.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
932605918_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
932605918_BAB IV PAPARAN DATA & TEMUAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
![]() |
Text
932605918_BAB V PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
![]() |
Text
932605918_BAB VI PENUTUP.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
932605918_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (306kB) |
Abstract
ABSTRAK FIRLY AINUL GHURROH : “UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MI ISLAMIYAH GELURAN”. Belajar merupakan kegiatan yang berproses dan juga merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di dalam sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarga sendiri. Sedangkan yang namanya kesulitan belajar itu merupakan kondisi proses belajar yang ditandai oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai kesuksesan. Siswa kelas V di MI Islamiyah Geluran ini mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran IPS, sehingga mengakibatkan nilai mereka berada di bawah standard KKM. Dengan adanya permasalahan ini peneliti tertarik untuk menelaah lebih lanjut mengenai upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V MI Islamiyah Geluran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yang utama adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan klasifiksi data, memeriksa kelengkapan data, deskriptif data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu, (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas V di MI Islamiyah Geluran pada mata pelajaran IPS diantaranya ialah faktor internal yang meliputi kurangnya perhatian siswa dalam belajar, kurangnya konsentrasi belajar siswa, pemahaman siswa yang kurang, kurangnya minat belajar siswa, dan tidak adanya motivasi belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal, yaitu faktor keluarga dan faktor lingkungan. (2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di MI Islamiyah Geluran melalui peningkatan motivasi belajar siswa, pemberian remedial dan pembelajaran, penggunaan media pembelajaran dan mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik. Kata Kunci: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education (Pendidikan usia dini) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | FIRLY AINUL GHURROH |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 04:36 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 04:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |