Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Asesmen Autentik (Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjunganom)

Hidayat, Firman (2025) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Asesmen Autentik (Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjunganom). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932120419_bab1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932120419_bab2.pdf

Download (374kB)
[img] Text
932120419_bab3.pdf

Download (350kB)
[img] Text
932120419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932120419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
932120419_bab6.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932120419_daftarpustaka.pdf

Download (399kB)
[img] Text
932120419_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932120419_pernyataan upload karya ilmiah.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK FIRMAN HIDAYAT, Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Munifah, M.Pd dan (2) Dr. Ninik Zuroidah, M.Si., Judul Skripsi: “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Asesmen Autentik (Di sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjunganom), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata kunci: Upaya Guru, Mutu Pembelajaran, Assesmen Autentik Pada jenjang pendidikan menengah SMPN 1 Tanjunganom sebagai salah satu lembaga pendidikan turut berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan serta lebih meningkatkan kualitas pembelajaran baik input dan output. Salah satu ilmu dasar bagi seorang guru adalah mempunyai upaya yang diajarkan kepada peserta didik, yaitu guru harus mempunyai prinsip dapat menyesuaikan kondisi, metode dan tujuan, guru juga dituntut untuk meningkatkan mengajarnya. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk menunjang dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam melalui asesmen autentik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penilaian dalam aspek afektif yang dilakukan oleh guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Tanjunganom, bagaimana proses penilaian dalam aspek kognitif yang dilakukan oleh guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Tanjunganom, dan bagaimana proses penilaian dalam aspek psikomotor yang dilakukan oleh guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 1 Tanjunganom. Jenis penelitiannya adalah kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi, triagulasi terbagi menjadi tiga tahapan yaitu triagulasi sumber, teknik (metode) dan waktu. Sedangkan untuk analisanya dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penilaian dalam aspek afektif yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PAI terdapat empat metode pendekatan yaitu observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal catatan guru. Dalam proses penilaian aspek kognitif yang dilakukan oleh guru mata pelajaran PAI terdapat tiga metode pendekatan yaitu tes tulis, tes lisan dan penugasan. Kemudian proses penilaian aspek psikomotorik ada dua metode pendekatan yaitu kinerja dan proyek.”

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: FIRMAN HIDAYAT
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:10
Last Modified: 12 Aug 2025 04:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18316

Actions (login required)

View Item View Item