تطوير المواد التعليمية على أساس هايزين فليب بوك في المدرسة المتوسطة الإسلامية روضة الطلبة غاديلويه كديري

'Aini, Putri Nur (2025) تطوير المواد التعليمية على أساس هايزين فليب بوك في المدرسة المتوسطة الإسلامية روضة الطلبة غاديلويه كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21203003_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203003_bab1.pdf

Download (636kB)
[img] Text
21203003_bab2.pdf

Download (796kB)
[img] Text
21203003_bab3.pdf

Download (784kB)
[img] Text
21203003_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21203003_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
21203003_daftarpustaka.pdf

Download (308kB)
[img] Text
21203003_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang terjadi di MTs. Raudlatut Thalabah yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan peserta didik, yaitu bahan ajar masih bersumber dari LKS, serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga peserta didik merasa kurang tertarik dan materi yang disampaikan sulit untuk dipahami, khususnya pada materi at-ta’aruf. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis heyzine flipbook dengan menggunakan model ADDIE di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri, dan 2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan ajar bahasa Arab berbasis heyzine flipbook dengan Menggunakan Model ADDIE di MTs. Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Observasi digunakan sebagai data pendukung keefektifan bahan ajar, wawancara digunakan untuk mengumpulkan data mengenai permasalahan yang terjadi di sekolah, dokumentasi untuk memperkuat, melengkapi, atau memverifikasi data yang diperoleh, angket untuk mengetahui respon peserta didik dan guru setelah penggunaan bahan ajar berbasis heyzine flipbook, dan tes digunakan untuk mengetahui keefektifan, apakah terdapat peningkatan hasil belajar setelah penggunaan bahan ajar berbasis heyzine flipbook pada materi at-ta’aruf atau tidak. Hasil penelitian ini yaitu 1) Terciptanya bahan ajar bahasa Arab berbasis Heyzine Flipbook pada materi at-ta’aruf, yang dilengkapi audio, video, dan kuis. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini sangat valid dari sisi materi (90,5%) dan valid dari sisi media (82,7%). Respon guru dan peserta didik juga sangat positif, masing-masing sebesar 85,6% dan 89,2%. Selain itu, keefektifan bahan ajar dibuktikan melalui skor N-Gain sebesar 76,5% dengan kategori efektif, 2) Produk bahan ajar berbasis Heyzine Flipbook yang dikembangkan memiliki beberapa kelebihan, antara lain: bersifat digital sehingga tahan lama, fleksibel karena dapat diakses secara online kapan saja dan di mana saja, dilengkapi audio-video untuk menunjang pemahaman materi, serta tersedia kuis interaktif dengan skor otomatis. Namun, produk ini juga memiliki kekurangan, yaitu masih terbatas pada satu materi, yaitu “at-ta’aruf” dan membutuhkan koneksi internet sehingga tidak dapat diakses secara offline. Kata Kunci: Bahan Ajar, Heyzine Flipbook, Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: PUTRI NUR 'AINI
Date Deposited: 30 Jul 2025 06:43
Last Modified: 30 Jul 2025 06:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18297

Actions (login required)

View Item View Item