ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KERUPUK SAMILER (Studi Pada UMKM UD. Griya Luliza Di Desa Kayangan Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang)

Zahroh, Innayatuz (2025) ANALISIS PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN KERUPUK SAMILER (Studi Pada UMKM UD. Griya Luliza Di Desa Kayangan Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21403051_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21403051_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (189kB)
[img] Text
21403051_bab1.pdf

Download (563kB)
[img] Text
21403051_bab2.pdf

Download (307kB)
[img] Text
21403051_bab3.pdf

Download (196kB)
[img] Text
21403051_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
21403051_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
21403051_bab6.pdf

Download (76kB)
[img] Text
21403051_daftarpustaka.pdf

Download (197kB)
[img] Text
21403051_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Innayatuz Zahroh, NIM 21403051, Dosen Pembimbing: (1) Suprihantosa Sugiarto, S.EI, M.H dan (2) Islamiati Hidayah, SA, M.Akun. : “Analisis Pengembangan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Kerupuk Samiler (Studi Pada UMKM UD. Griya Luliza Di Desa Kayangan Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang)”. Skripsi, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Strategi Pengembangan, Peningkatan Penjualan, UMKM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan kerupuk samiler pada UMKM UD. Griya Luliza yang berlokasi di Desa Kayangan, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Kerupuk samiler merupakan salah satu produk unggulan khas daerah yang memiliki potensi pasar cukup luas, baik di tingkat lokal maupun nasional. Permasalahan utama yang dihadapi UMKM ini adalah fluktuasi penjualan akibat persaingan yang ketat, keterbatasan inovasi produk, serta kurang maksimalnya pemanfaatan media digital dalam memasarkan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan pemilik, karyawan, dan konsumen, serta dokumentasi yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran di UMKM tersebut. Data yang diperoleh dianalisis melaui teknik reduksi, penyajian dan verifikasi data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik sebagai metode pengecekan keabsahan data. Sumber data mencakup data primer dari wawancara langsung serta data sekunder dari dokumen, jurnal dan sumber-sumber literatur pendukung lainnya. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, peneliti menemukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM UD. Griya Luliza dalam meningkatkan penjualan mengacu pada bauran pemasaran 4P. Dari segi produk, kerupuk samiler diproduksi dengan bahan baku berkualitas tanpa bahan pengawet serta inovasi produk dan kemasan. Strategi harga yang diterapkan cukup kompetitif dan disesuaikan dengan daya beli konsumen. Strategi distribusi, produk telah menjangkau pasar lokal hingga luar kota melalui jaringan reseller. Dalam aspek promosi, masih terbatas pada media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Dari keempat strategi tersebut, strategi produk menjadi faktor paling signifikan dengan kenaikan penjualan kerupuk mentah sekitar 45,87%, dan kerupuk matang sekitar 65% selama periode 2021-2024. Namun, strategi promosi kurang optimal, karena konsistensi unggahan di media sosial tidak konsisten. Disarankan untuk mengoptimalkan promosi digital secara rutin, inovasi varian rasa dan kemasan, dan kerja sama dengan platform digital untuk memperluas pasar. Penguatan identitas merek dan kualitas layanan juga penting untuk menciptakan loyalitas konsumen. Dengan pengembangan strategi yang tepat, UD. Griya Luliza memiliki potensi meningkatkan penjualan dan memperkuat daya saing.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: INNAYATUZ ZAHROH
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:25
Last Modified: 05 Aug 2025 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18287

Actions (login required)

View Item View Item