Pengembangan media JERAMBA (jelajah diagram gambar) untuk meningkatkan hasil belajar materi diagram gambar kelas 1 MI ISLAMIYAH BANJARANYAR TANJUNGANOM NGANJUK

In'ami, Uvia Uyunun Jazilil (2025) Pengembangan media JERAMBA (jelajah diagram gambar) untuk meningkatkan hasil belajar materi diagram gambar kelas 1 MI ISLAMIYAH BANJARANYAR TANJUNGANOM NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
21206003_prabab.pdf

Download (752kB)
[img] Text
21206003_bab1.pdf

Download (480kB)
[img] Text
21206003_bab2.pdf

Download (579kB)
[img] Text
21206003_bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
212006003_bab4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21206003_bab5.pdf

Download (331kB)
[img] Text
21206003_daftarpustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
21206003_lembarpernyataanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu, hasil belajar peserta didik kelas 1 pada materi diagram gambar masih dalam kategori rendah, kesulitan guru dalam menyampaikan materi diagram gambar, peserta didik sulit memahami materi diagram gambar, serta tidak adanya media pembelajaran, sehingga guru memerlukan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu, untuk mengetahui pengembangan media JERAMBA pada materi diagram gambar kelas 1 di MI Islamiyah Banjaranyar Tanjunganom Nganjuk, untuk mengetahui kelayakan media JERAMBA dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik materi diagram gambar di MI Islamiyah Banjaranyar Tanjunganom Nganjuk dan, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan media JERAMBA pada materi diagram gambar kelas 1 di MI Islamiyah Banjaranyar Tanjunganom Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analyze, Design, Deveploment, Implementation, Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 MI Islamiyah Banjaranyar dengan jumlah 27 peserta didik. Instrumen pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, langkah-langkah dalam mengembangkan media JERAMBA pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tingkat kelayakan produk berdasarkan hasil validasi oleh 2 ahli media mencapai rata-rata 96,85% yang tergolong dalam kategori sangat layak, validasi oleh 2 ahli materi mencapai rata-rata 90% yang juga tergolong sangat layak dan peningkatan hasil belajar setelah penerapan media JERAMBA dilihat dari data pretest dan posttest pada uji coba kelompok besar yang memiki hasil rata-rata pretest sebesar 52% sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 91%. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 maka hipotesis diterima atau adanya perbedaan hasil dalam penggunaan media JERAMBA. Berdasarkan uji N-Gain mendapatkan hasil 0,84 yang berarti media adanya peningkatan dengan kriteria “tinggi”. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media JERAMBA terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 MI Islamiyah Banjaranyar pada materi diagram gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics (Statistik Terapan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UVIA UYUNUN JAZILIL IN`AMI
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:28
Last Modified: 16 Jul 2025 07:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18268

Actions (login required)

View Item View Item