Uliya, Mahdina Chaqiqotul (2025) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web google sites mata pelajaran IPS materi kerajaan hindu-budha di Indonesia kelas IV Di SDN 4 BEGADUNG untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206006_Prabab.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
21206006_bab1.pdf Download (539kB) |
![]() |
Text
21206006_bab2.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
21206006_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (969kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21206006_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
21206006_bab5.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
21206006_daftarpustaka.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
21206006_LembarPernyataanPublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran berperan penting dalam mendukung proses belajar mengajar, terutama dalam mempermudah penyampaian materi dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas IV SDN 4 Begadung, diketahui bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah, terlihat dari nilai pre-test yang diperoleh. Hal ini diduga karena guru hanya menggunakan LKS, buku paket, serta metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelompok. Oleh karena itu, peneliti menawarkan media pembelajaran interaktif berbasis web google sites sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian yaitu 1. Untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web google sites mata pelajaran IPS materi kerajaan hindhu-budha di SDN 4 begadung, 2. Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web google sites mata pelajaran IPS materi kerajaan hindhu-budha di SDN 4 begadung, 3. Untuk mengetahui keefektifan dan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis web google sites mata pelajaran IPS materi kerajaan hindhu-budha di SDN 4 begadung. Penetian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Pada penelitian ini subyeknya peserta didik kelas 4 SDN 4 Begadung dengan jumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui metode wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, yaitu : 1. Dalam pengembangan peneliti melakukan analisis terhadap analisis kebutuhan dan analisis kurikulum, merancang desain media yang akan dibuat, melakukan tahapan validasi kepada para ahli supaya media yang dikembangkan layak, implementasi dilakukan dikelas 4 SDN 4 Begadung, dan melakukan evaluasi disetiap tahapan. 2. Tingkat kelayakan produk dapat diketahui dari validasi ahli media dan validasi ahli materi, hasil validasi ahli media yaitu 89%, sedangkan validasi ahli materi I yaitu 95% dan validasi ahli materi II yaitu 86%, dari hasil yang didapatkan semua hasil masuk kategori “sangat layak”. 3. Peningkatan hasil belajar peserta didik, dapat dilihat dari hasil rata-rata pre-test yaitu 58.42%, sedangkan hasil rata-rata post-test yaitu 86.84%. Berdasarkan uji Wilcoxon mendapatkan hasil signifikasi 0,000 menunjukkan adanya peningkatan. Sedangkan hasil uji n-gain mendapatkan hasil 0.7015 menunjukkan media pembelajaran sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web google sites, mampu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 di SDN 4 Begadung.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 21 HISTORY AND ARCHAEOLOGY (Sejarah dan Arkeologi) > 2101 Archaeology > 210103 Archaeology of Asia, Africa and the Americas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MAHDINA CHAQIQOTUL ULIYA |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 07:30 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |