Hasanah, Linda Dewi Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI “BAJUNDA” (PERUBAHAN WUJUD BENDA) PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI MI MIFTAHUL MUNA GONDANGLEGI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21206122_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206122_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206122_bab2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206122_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206122_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21206122_bab5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206122_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206122_lampiran.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
21206122_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
Abstract
Linda Dewi Nur Hasanah, Dosen Pembimbing (1) Septiana Purwaningrum, M.Pd.I dan (2) Atika Anggraini, M.Pd. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi “BAJUNDA” (Perubahan Wujud Benda) Pada Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kogntif Siswa Di MI Miftahul Muna Gondanglegi, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Pengembangan Media, Game Edukasi “BAJUNDA” (Perubahan Wujud Benda), Hasil Belajar IPAS adalah mata pelajaran yang bertujuan untuk memperoleh keterampilan ilmiah. Penelitian ini berfokus pada materi IPA mengenal perubahan wujud benda. Peneliti telah melakukan observasi dan wawancara dengan wali kelas IV dan menemukan masalah dalam pembelajaran yaitu siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman materi, terlihat dari hasil rekapan nilai ulangan harian sebagian anak yang masih rendah di bawah KKTP yang telah di tentukan yaitu 78, serta guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk (1) mengembangkan media pembelajaran game edukasi “BAJUNDA” (perubahan wujud benda (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran game edukasi “BAJUNDA” (perubahan wujud benda” (3) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan media pembelajaran game edukasi “BAJUNDA” (perubahan wujud benda). Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Muna Gondanglegi Prambon Kab. Nganjuk, dengan jumlah siswa kelas IV sebanyak 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis (2) Perancangan (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Hasil pengembangan media game edukasi “BAJUNDA” (perubahan wujud benda) menunjukkan bahwa (1) Media game edukasi “BAJUNDA” (perubahan wujud benda) telah sesuai dengan materi perubahan wujud benda. Tahapan pengembangan yang dilakukan yaitu pertama analisis siswa, kurikulum, kebutuhan, kedua mendesain media pembelajaran, ketiga pengembangan yaitu validasi ke ahli media dan materi, keempat implementasi ke siswa kelas IV, kelima evaluasi di setiap tahapan pengembangan (2) Kelayakan produk media “BAJUNDA” (perubahan wujud benda) mendapatkan skor dari ahli media sebesar 83% dinyatakan “sangat layak” dan pada ahli materi I mendapatkan skor 95% yang dinyatakan “sangat layak” dan pada ahli materi II mendapatkan skor 98,5 % yang dinyatakan “sangat layak”. (3) Peneliti melakukan uji coba dengan memberikan soal pretest dan posttest ke siswa dengan melakukan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Untuk rata-rata hasil nilai pretest uji kelompok kecil yaitu 62,8 dan rata-rata hasil nilai posttest yaitu 91,6 sedangkan rata-rata nilai pretest uji kelompok besar yaitu 51,2 dan rata-rata hasil nilai posttest uji kelompok besar yaitu 92,8. Selain itu hasil dari uji t-hitung yang dihasilkan yaitu -21,871 kurang dari t-tabel -2,05954 dan untuk hasil uji N-gain yaitu 0,8729 yang dinyatakan kategori “tinggi” artinya media pembelajaran interaktif game edukasi “BAJUNDA” (perubahan wujud benda) menarik dan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES (Ilmu Lingkungan) > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LINDA DEWI NUR HASANAH |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |