Mahdhiah, Risma (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
![]() |
Text
21204030_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204030_bab1.pdf Download (945kB) |
![]() |
Text
21204030_bab2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204030_bab3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204030_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21204030_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
![]() |
Text
21204030_bab6.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
21204030_daftarpustaka.pdf Download (726kB) |
![]() |
Text
21204030_lanpiran.pdf Download (13MB) |
![]() |
Text
21204030_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
Abstract
RISMA MAHDHIAH, Dosen Pembimbing Nalsa Cintya Resti, M.Si. dan Dr. Ninik Zuroidah, M.Si. Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa (Tadris Matematika), Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci : Model Quantum Learning, Pendekatan Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mendorong perlunya inovasi dalam strategi pembelajaran, salah satunya menggunakan model pembelajaran Quantum Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Quantum Learning berbasis pendekatan Open Ended dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian mix method. Teknik pengumpulan data padapenelitian kualitatif menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian kuantitatif menggunakan uji independent sample t test digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata pada kelompok yang berbeda yaitu antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Uji ini digunakan untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Quantum Learning berbasis pendekatan Open Ended. Pada pelaksanaan model pembelajaran terdapat tiga tahap yaitu tahap perencanaan pembelajaran dengan menyusun perangkat ajar berupa modul, RPP, LKPD, serta instrumen penilaian yang mengacu pada sintaks Quantum Learning (TANDUR) dan soal Open Ended melalui telaah dokumen dan wawancara. Tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model secara bertahap dan kontekstual, yang melibatkan siswa secara aktif dan mendorong eksplorasi ide. Tahap evaluasi pembelajaran dilakukan melalui observasi, refleksi, serta wawancara untuk menilai keterlaksanaan dan respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil keterlaksanaan model pembelajaran Quantum Learning berbasis pendekatan Open Ended mencapai presentase 100%, menunjukkan bahwa model ini dapat diterapkan secara optimal dalam proses pembelajaran. Hasil uji independent sample t test menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis memperoleh nilai signifikansi nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,003, dimana 0,003 < 0,05 sehingga Ha diterima. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning berbasis pendekatan Open
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | RISMA MAHDHIAH |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |