Sahroh, Fatimatus (2025) Komunikasi Persuasif Host Live Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Shopee Live Di The Guardian Gaming Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21103058_prabab.pdf Download (842kB) |
![]() |
Text
21103058_bab1.pdf Download (523kB) |
![]() |
Text
21103058_bab2.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text
21103058_bab3.pdf Download (492kB) |
![]() |
Text
21103058_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21103058_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
![]() |
Text
21103058_bab6.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
21103058_daftarpustaka.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
21103058_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) |
![]() |
Text
21103058_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (190kB) |
Abstract
FATIMATUS SAHROH, Dosen Pembimbing Dr. Robingatun, M.Pd.I dan Siti Amanah, M.Si. Komunikasi Persuasif Host Live dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Shopee Live di The Guardian Gaming Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Host Live, Minat Beli, Shopee Live Aplikasi Shopee menciptakan program afiliasi bagi pengguna Shopee untuk mempromosikan produk Shopee tanpa harus melakukan pengemasan produk, pengiriman produk dan promosi produk dilakukan melalui siaran langsung oleh seorang host live atau pemandu siaran. Seperti halnya fenomena yang terjadi pada seorang afiliator pemilik usaha bernama di The Guardian Gaming, tepatnya di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, dengan menggunakan peran seorang host live dalam membujuk, merayu, menjelaskan manfaat produk, dan menjawab pertanyaan konsumen. Tentu ini perlu melihatnya dengan perspektif Komunikasi Persuasif. Penelitian ini selain membahas tentang bagaimana teknik Komunikasi Persuasif yang dilakukan oleh host live kepada konsumen, juga membahas Dampak dari Komunikasi Persuasif host live dalam meningkatkan minat beli konsumen melalui Shopee live terhadap fenomena. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun sumber data primer pada penelitian ini diperoleh melalui studi lapangan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari beberapa sumber seperti buku, jurnal, hasil penelitian terdahulu, dan karya ilmiah lainnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Lima Teknik Komunikasi Persuasif oleh Onong Uchjana Effendy, yaitu teknik asosiasi, teknik integritas, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik red herring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama Penggunaan peran host live diperlukan karena faktor media utama pemasaran seorang afiliator hanya dapat melalui Shopee live atau siaran langsung pada aplikasi Shopee. Kemudian sasaran target atau konsumen berada pada siaran tersebut, yaitu penonton Shopee yang mencari produk serupa yang dijual oleh host live. Berdasarkan analisis Teknik Komunikasi Persuasif host live dalam meningkatkan minat beli konsumen melalui Shopee live, dengan teori Onong Uchjana Effendy bisa diterapkan oleh host live di the Guardian Gaming ketika mempersuasi konsumen dengan alasan untuk mengubah sikap, opini, dan tingkah laku konsumen sesuai dengan keinginan host live. Kedua minat eksploratif dan pencarian produk oleh konsumen menjadi penghambat bagi host live dalam mempersuasi konsumen, sehingga harus dilakukan iklan live agar menaikkan visibilitas siaran. Hal tersebut juga berdampak pada kepercayaan konsumen, kenaikan jumlah pengikut dan jumlah omset di the Guardian Gaming. Jadi, praktik Komunikasi Persuasif dapat memberikan manfaat bagi host live untuk menghadapi masalah yang terjadi ketika mempersuasi konsumen agar melakukan pembelian tanpa adanya paksaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | FATIMATUS SAHROH |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 04:54 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 04:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |