Annasa, Nuris Tigfarin (2025) PENGEMBANGAN VIDEO 3D ASTROLAB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM TATA SURYA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208020_PRA BAB.pdf Download (908kB) |
![]() |
Text
21208020_BAB 1.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
21208020_BAB 2.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
21208020_BAB 3.pdf Download (716kB) |
![]() |
Text
21208020_BAB 4.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21208020_BAB 5.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
21208020_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
21208020_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
21208020_Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
Abstract
Materi sistem tata surya sulit dipahami oleh siswa karena konsepnya sangat abstrak dan tidak dapat diamati secara langsung. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran selama proses pembelajaran. Akibatnya, perlu dibuat media yang membantu siswa memahami IPA, terutama materi sistem tata surya. Peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran video 3D AstroLab untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuannya adalah (1) untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran video 3D AstroLab untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui apakah mengembangkan media pembelajaran video 3D AstroLab layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui seberapa efektif media pembelajaran video 3D AstroLab untuk meningkatkan hasil belajar materi IPA sistem tata surya. Penelitian ini dilakukan pada 28 siswa di MTs Sunan Gunung Jati. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementasi), dan Evaluasi (Evaluation). Peneliti menggunakan Skala Likert untuk menguji kelayakan media dan melakukan perhitungan analisis produk dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji T, dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi media video 3D AstroLab layak mendapatkan presentase 96% dan 87%; (2) hasil ahli materi mendapatkan presentase 74% dan 86%; dan (3) hasil rata-rata data pretest dan posttest menunjukkan perbedaan hasil belajar siswa, dengan nilai pretest 69,4 dan nilai posttest 84,8. Selain itu, hasil uji t menunjukkan nilai signifikan 0,000, yang menunjukkan bahwa Ha diterima bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Selain itu, nilai 0,55 dari uji Ngain menunjukkan bahwa penggunaan media video 3D AstroLab, yang dinyatakan dalam kategori "sedang", menunjukkan bahwa penggunaan media tersebut dapat meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media video 3D AstroLab dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0201 Astronomical and Space Sciences (Ilmu Astronomi dan Luar Angkasa) > 020102 Astronomical and Space Instrumentation (Instrumentasi Astronomi dan Luar Angkasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | ANNASA NURIS TIGFARIN |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:03 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:03 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |