KULSUM, KHAFIFAH SAFINATUL (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Pada Materi Dongeng Muatan Bahasa Indonesia Kelas III di SDN Doko. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20206051_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
20206051_bab1.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
20206051_bab2.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
20206051_bab3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
20206051_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
20206051_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
20206051_bab6.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
20206051_daftarpustaka.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
20206051_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
20206051_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (194kB) |
Abstract
Kulsum, Khafifah Safinatul. Dosen Pembimbing Dr. Salma Sunaiyah, M.Pd dan Ayu Ridho Saraswati, M.Pd, Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Pada Materi Dongeng Muatan Bahasa Indonesia Kelas III Di SDN Doko, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Interaktif, Kemampuan Menyimak Anak yang berada pada usia sekolah dasar memiliki perkembangan kognitif yang penting terutama dalam berbahasa. Perkembangan berbahasa anak usia sekolah dasar memengaruhi kemampuan komunikasi mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran video interaktif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa, kelayakan media yang dikembangkan, serta keefektifan media pembelajaran video interaktif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada materi dongeng muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Doko dengan subjek 25 siswa kelas III. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.Prosedur pengembangan dilakukan melalui analisis kurikulum, kebutuhan, dan karakteristik siswa, perancangan video interaktif yang menarik, serta pengujian produk kepada ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media untuk memastikan kelayakannya. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas III di SDN Doko untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran video interaktif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Hasil penelitian menunjukkan persentase 97,5% dari ahli materi, 79% dari ahli bahasa, 81,43% dari ahli media tahap satu, 92,86% pada tahap dua, 87,5% respon guru, serta ratarata 62,14 dari respon siswa kelompok kecil, dan 70,44 dari respon siswa kelompok besar yang berarti media pembelajaran video interaktif yang dikembangkan dinilai sangat layak. Terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa dengan rata-rata pre test 52,9 dan post test 77,7 pada kelompok kecil, nilai rata-rata pre test 52,8 dan post test 80,9 pada kelompok besar. Uji N-Gain pada kelompok kecil mencapai 0,49 dan pada kelompok besar meningkat mencapai 0,56 di kriteria sedang. Hasil uji t yang dilakukan karena t Stat > t Critical dan P-value < α maka menolak hipotesis nol (H₀) artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam rata-rata kemampuan menyimak siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran video interaktif. Diharapkan media ini dapat menjadi alternatif yang bermanfaat dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | KHAFIFAH SAFINATUL KULSUM |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 04:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 04:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |