Pengembangan Media Pembelajaran Fantastic M-Force Berbasis Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Plus Rahmat Kediri Pada Materi Gaya Dan Gerak

Adibowo, Diajeng Lyra (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Fantastic M-Force Berbasis Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Plus Rahmat Kediri Pada Materi Gaya Dan Gerak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21208032_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21208032_bab i.pdf

Download (364kB)
[img] Text
21208032_bab ii.pdf

Download (844kB)
[img] Text
21208032_bab iii.pdf

Download (485kB)
[img] Text
21208032_bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
21208032_bab v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
21208032_daftar pustaka.pdf

Download (251kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

Pendidikan berperan dalam membentuk generasi yang cerdas dan adaptif terhadap perkembangan zaman, khususnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Namun, hasil wawancara menunjukkan bahwa masih terdapat miskonsepsi peserta didik pada materi gaya dan gerak. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan media pembelajaran yang kontekstual dan menarik. Berdasarkan kondisi ini, penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran fantastic m-force berbasis game based learning, (2) mengetahui kelayakan media yang dikembangkan dan (3) mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Plus Rahmat Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kendala pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Selanjutnya, pengembangan media dilakukan dengan mengikuti empat tahapan dalam model 4D. Pada tahap Define, dilakukan analisis terhadap kurikulum, karakteristik peserta didik kelas VII, serta identifikasi miskonsepsi umum terkait materi gaya dan gerak. Tahap Design difokuskan pada perancangan permainan Game Based Learning konvensional, yaitu permainan non-digital yang melibatkan aktivitas fisik dan interaktif. Desain permainan mencakup pemilihan jenis permainan tradisional seperti engklek, gasing, bola bekel, lempar bola, lomba lari, serta permainan monopoli edukatif. Setiap permainan dirancang secara sistematis dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, serta diintegrasikan dengan konteks budaya lokal untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan, bermakna, dan relevan bagi peserta didik. Pada tahap Develop, aplikasi dikembangkan dan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru IPA. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong layak, dengan skor kelayakan 76% dari ahli media (layak), 93% dari ahli materi (sangat layak), dan 98% dari ahli pembelajaran (sangat layak). Terakhir, tahap Disseminate dilakukan melalui uji coba terbatas kepada peserta didik kelas VII untuk menilai efektivitas media dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,3677 (kategori sedang), yang mengindikasikan bahwa media ini cukup efektif serta layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran IPA yang kontekstual dan menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0202 Atomic, Molecular, Nuclear, Particle and Plasma Physics (Fisika Atom, Molekul, Nuklir, Partikel, dan Plasma) > 020204 Plasma Physics; Fusion Plasmas; Electrical Discharges (Fisika Plasma; Plasma Fusi; Pelepasan Listrik)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: DIAJENG LYRA ADIBOWO
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:43
Last Modified: 15 Jul 2025 03:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18177

Actions (login required)

View Item View Item