Pengembangan Media Pembelajaran E-LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning Dalam Meningktkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 1 Mojo

Islamiyati, Dian (2025) Pengembangan Media Pembelajaran E-LKPD Berbasis Contextual Teaching And Learning Dalam Meningktkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMPN 1 Mojo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21204013_prabab.pdf

Download (403kB)
[img] Text
21204013_bab1.pdf

Download (178kB)
[img] Text
21204013_bab2.pdf

Download (158kB)
[img] Text
21204013_bab3.pdf

Download (124kB)
[img] Text
21204013_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
21204013_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
21204013_daftarpustaka.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran E-LKPD berbasis CTL dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi siswa di SMPN 1 Mojo tergolong rendah dikarenakan siswa merasa kesulitan dalam menyatakan ide matematis, menginterpretasikan soal ke dalam model matematika, serta menyusun langkah-langkah penyelesaian dan kesimpulan secara matematis. Pelaksanaan pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode tradisional dan terbatas menggunakan media pembelajaran yang interaktif dikarenakan terhalang oleh waktu. Oleh karena itu, dikembangkan media pembelajaran E-LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning berbantuan website liveworksheets dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi di sekolah serta mampu menginovasi media pembelajaran yang sudah ada. Media pembelajaran E-LKPD yang dikembangkan akan ditinjau berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Seluruh subjek penelitian merupakan siswa kelas VII di SMPN 1 Mojo dengan menggunakan kelas VII-H untuk uji coba skala kecil dan VII-K untuk uji coba skala besar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket kepraktisan dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat validitas media E-LKPD ditinjau berdasarkan aspek materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 81,4% yang termasuk dalam kategori “Valid” dan berdasarkan aspek media diperoleh persentase rata-rata sebesar 82,8% yang termasuk dalam kategori “Valid”. Pada tingkat kepraktisan media E-LKPD oleh ahli praktisi memperoleh persentase rata-rata sebesar 86,6% termasuk dalam kategori “Sangat Praktis dan oleh siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 82,6% termasuk dalam kategori “Praktis”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media E-LKPD berbasis CTL dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa layak digunakan karena telah memenuhi aspek validitas dan aspek kepraktisan Selain itu, media E-LKPD juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. saran penelitian dan pengembangan lebih lanjut yaitu dapat menggunakan inovasi model pembelajaran lain agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: DIAN ISLAMIYATI
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:15
Last Modified: 10 Jul 2025 07:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18170

Actions (login required)

View Item View Item