MINIATUR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI DAN PERUBAHAN ENERGI SISWA KELAS VIII

Amalia, Firma Nabilla (2025) MINIATUR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP ENERGI DAN PERUBAHAN ENERGI SISWA KELAS VIII. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21208002_prabab.pdf

Download (750kB)
[img] Text
21208002_bab1.pdf

Download (739kB)
[img] Text
21208002_bab2.pdf

Download (905kB)
[img] Text
21208002_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text
21208002_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21208002_bab5.pdf

Download (334kB)
[img] Text
21208002_daftarpustaka.pdf

Download (564kB)
[img] Text
21208002_lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
21208002_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Firma Nabilla Amalia, Dosen Pembimbing Dr. Ummiy Fauziyah Laili, M.Si., dan Aziza Anggi Maiyanti, S.Si. Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Air Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Dan Perubahan Energi Siswa Kelas VIII, Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata kunci: Media Pembelajaran, Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Air, Pemahaman Konsep, Energi dan Perubahan Energi, IPA Pendidikan yang efektif memiliki peran penting dalam membantu siswa mengenali dan mengembangkan potensi mereka. Namun, masih banyak tantangan dalam penerapan metode pembelajaran konvensional, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan alat peraga, yang terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa miniatur pembangkit listrik tenaga air (PLTA) bagi siswa kelas VIII-I SMP Negeri 5 Kediri, dengan fokus pada peningkatan pemahaman konsep energi dan perubahan energi dalam pelajaran IPA. Masalah utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang efektif dan menarik yang dapat menumbuhkan minat serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran miniatur pembangkit listrik tenaga air. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model 4D, yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kediri dengan melibatkan 33 siswa kelas VIII-I sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, lembar validasi dari para ahli (media, materi, dan pembelajaran), serta angket tanggapan dari guru dan siswa. Miniatur PLTA yang dikembangkan telah divalidasi oleh para ahli dengan hasil sangat baik, yakni 80% dari ahli media, 94% dari ahli materi, dan 96% dari ahli pembelajaran, yang menunjukkan kelayakan tinggi sebagai media pembelajaran. Penggunaannya dalam proses belajar memperoleh respon positif dari siswa dan terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep energi, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil uji-t yang mencerminkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,426 termasuk dalam kategori peningkatan sedang, didukung oleh hasil uji normalitas yang menunjukkan adanya peningkatan pemahaman secara signifikan. Dengan demikian, miniatur PLTA dinyatakan efektif sebagai media pembelajaran IPA untuk memperkuat pemahaman konsep energi dan perubahan energi pada siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: FIRMA NABILLA AMALIA
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:30
Last Modified: 10 Jul 2025 06:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18168

Actions (login required)

View Item View Item