Pengembangan Media Portal Aksara Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang

Raihan, Muhammad (2025) Pengembangan Media Portal Aksara Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206125_prabab.pdf

Download (747kB)
[img] Text
21206125_bab1.pdf

Download (519kB)
[img] Text
21206125_bab2.pdf

Download (493kB)
[img] Text
21206125_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
21206125_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206125_bab5.pdf

Download (455kB)
[img] Text
21206125_daftarpustaka.pdf

Download (422kB)
[img] Text
21206125_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
21206125_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (189kB)

Abstract

Muhammad Raihan, Dosen Pembimbing Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I. dan Aulia Rohmawati, M.Pd., Pengembangan Media Portal Aksara Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Babussalam Tambar Jogoroto Jomban. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Pengembangan Media, Portal Aksara, Kemampuan Membaca Permulaan, Siswa Kelas 1, MI Babussalam, Research and Development (R&D), Model ADDIE Penelitian ini berangkat dari permasalahan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang. Berdasarkan hasil wawancara, ditemukan bahwa sekitar 9 siswa menghadapi tantangan dalam membaca, mulai dari mengenal huruf hingga membaca kata dengan lancar. Kondisi ini mengindikasikan perlunya inovasi dalam media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar siswa dengan lebih efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran Portal Aksara sebagai alat bantu untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa, 2) Menilai tingkat kelayakan media Portal Aksara yang dikembangkan, dan 3) Mengukur peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 MI Babussalam setelah menggunakan media Portal Aksara. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan utama: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas 1 MI Babussalam dengan total peserta sebanyak 25 orang. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes pretest dan posttest, serta validasi yang melibatkan ahli media, ahli materi, dan guru kelas. Uji coba dilakukan secara bertahap, dimulai dengan kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa, kemudian dilanjutkan dengan kelompok besar yang melibatkan 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media Portal Aksara dikembangkan melalui metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain konseptual, pengembangan prototipe, implementasi pada kelompok kecil dan besar, serta evaluasi berkelanjutan untuk memastikan media sesuai dengan kebutuhan siswa kelas I MI Babussalam Tambar Jogoroto Jombang dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan; (2) Kelayakan media Portal Aksara dikonfirmasi melalui validasi ahli media dengan skor 91%, ahli materi 94%, dan guru 93%, menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi untuk digunakan dalam pembelajaran membaca; (3) Peningkatan kemampuan membaca siswa kelas I MI Babussalam terbukti signifikan setelah implementasi media, dengan hasil uji statistik Wilcoxon (sig. 0,000; Z=-4,119) dan N-Gain sebesar 57,3%, mengindikasikan efektivitas media dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MUHAMMAD RAIHAN
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:19
Last Modified: 10 Jul 2025 04:19
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18164

Actions (login required)

View Item View Item