Azkiyah, Dzurrotul Maulidah (2025) Implementasi Program Tahsin Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Di SD Islam Kreatif The Naff Mojoroto Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201202_prabab.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
21201202_bab1.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
21201202_bab2.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
21201202_bab3.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
21201202_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21201202_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21201202_bab6.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
21201202_daftarpustaka.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
21201202_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21201202_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (163kB) |
Abstract
Dzurrotul Maulidah Azkiyah, Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag. dan Abdur Ro’uf Hasbullah, M.Pd.I.: Implementasi Program Tahsin Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Memebaca Al-Qur’an Peserta Didik di SD Islam Kreatif the Naff Mojoroto Kota Kediri , Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, UIN Syekh Wasil Kediri, 2025. Kata Kunci : Metode Ummi, Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an. Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an termasuk dalam bentuk pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah. Seorang pendidik diharapkan mampu membentuk siswa menjadi pribadi yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur’an merupakan kitab suci yang di dalamnya terdapat nilai-nilai yang penting untuk dijadikan suri teladan maupun pedoman bagi umat Islam dalam segala aspek kehidupan. Dengan demikian seorang guru harus mengadakan perhatian lebih untuk siswa yang beragama Islam untuk belajar dan memahami Al-Qur’an. Sehingga fokus penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan Program Tahsin Tahsin metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an peserta didik di SD Islam Kreatif The Naff Mojorot Kota Kediri? 2) Bagaimana pelaksanaan Program Tahsin metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SD Islam reatif The Naff Mojoroto Kota Kediri? 3) Bagaimana hasil Program Tahsin metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di SD Islam Kreatif The Naff Mojoroto Kota Kediri? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SD Islam Kreatif The Naff Kota Kediri. Data yang didapatkan melalui kepala sekolah, koordinator Metode Ummi, Guru Metode Ummi, dan beberapa siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan program tahsin Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik SD Islam Kreatif The Naff Mojorot Kota Kediri: Melakukan Placement Test, Menentukan jumlah siswa dalam 1 kelompok, Menentukan waktu pembelajaran membaca Al- Qur’an, Menentukan target pembelajaran membaca Al-Qur’an, Menentukan model pembelajaran membaca Al-Qur’an, Menentukan desain posisi pembelajaran membaca Al Qur’an, 2) Pelaksanaan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik SD Islam Kreatif The Naff Mojoroto Kota Kediri: Media metode ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an, Tahapan pembelajaran membaca Al- Qur’an, Evaluasi kenaikan jilid, Evaluasi akhir atau Munaqosah, Evalusi mingguan setiap hari Kamis. 3) Hasil Implementasi program tahsin Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik SD Islam Kreatif The Naff Kota Kediri: Meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an, Meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik, Meningkatkan dan menumbuhkan kebiasaan peserta didik untuk selalu membaca Al-Qur’an setiap hari, Meningkatkan pemahaman tajwid dan gharib peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DZURROTUL MAULIDAH AZKIYAH |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 03:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 03:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |