PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN 4C Communication, Collaboration, Critical thinking and Creativity ) SISWA MTsN 4 KEDIRI

FITRIA, EMILIA YOGI DWI (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN 4C Communication, Collaboration, Critical thinking and Creativity ) SISWA MTsN 4 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21208019_prabab.pdf

Download (782kB)
[img] Text
21208019_bab1.pdf

Download (767kB)
[img] Text
21208019_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21208019_bab3.pdf

Download (833kB)
[img] Text
21208019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text
21208019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
21208019_bab6.pdf

Download (531kB)
[img] Text
21208019_daftarpustaka.pdf

Download (529kB)
[img] Text
21208019_lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
21208019_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)

Abstract

Emilia Yogi Dwi Fitria. 2025. pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match terhadap pengembangan keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity) siswa pada mata pelajaran IPA di MTsN 4 Kediri. Pembimbing (1) Agus Miftakus Surur, S.Si.,M.Pd dan Pembimbing (2) Dr.Ummiy Fauziyah Laili, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match terhadap pengembangan keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity) siswa pada mata pelajaran IPA di MTsN 4 Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Data dianalisis menggunakan teknik statistik inferensial, termasuk pengujian koefisien jalur (β), t statistik, nilai p, R², dan effect size (ƒ²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Make a Match berpengaruh positif dan signifikan terhadap keempat keterampilan 4C siswa. Untuk Critical Thinking, diperoleh nilai t = 14.550 (p = 0.000), R² = 0.453, dan ƒ² = 0.828 yang menunjukkan pengaruh besar. Pada Communication, t = 10.717 (p = 0.000), R² = 0.410, dan ƒ² = 0.696. Pengaruh terhadap Collaboration ditunjukkan dengan t = 8.632 (p = 0.000), R² = 0.361, dan ƒ² = 0.565. Sedangkan untuk Creativity, hasilnya paling menonjol dengan t = 12.282 (p = 0.000), R² = 0.524, dan ƒ² = 1.102. Secara umum, implementasi model Make a Match mampu menciptakan suasana belajar yang interaktif dan kolaboratif, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif melalui aktivitas pencocokan kartu yang menuntut analisis, komunikasi, kerja sama, dan pemecahan masalah. Temuan ini mengindikasikan bahwa model Make a Match efektif sebagai strategi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan abad 21 siswa, khususnya dalam konteks pembelajaran IPA di tingkat madrasah. Kata Kunci: Make a Match, Cooperative Learning, 4C, Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: EMILIA YOGI DWI FITRIA
Date Deposited: 10 Jul 2025 06:28
Last Modified: 10 Jul 2025 06:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18149

Actions (login required)

View Item View Item