PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEBSITE EDUKASI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Emilia, Afif (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS WEBSITE EDUKASI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21208030_praBAB.pdf

Download (602kB)
[img] Text
21208030_bab1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
21208030_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21208030_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
21208030_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21208030_bab5.pdf

Download (192kB)
[img] Text
21208030_daftar_pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di MTs Al-Huda Jatirejo Mojoduwur disebabkan keterbatasan media pembelajaran dan rendahnya pemanfaatan teknologi. Di era digital, penggunaan media berbasis website menjadi alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis CMS WordPress untuk meningkatkan pemahaman siswa. Media ini dirancang agar interaktif dan mudah diakses, serta mendukung proses belajar sesuai Teori Piaget dan Mayer sangat mendukung desain media edukasi berbasis website yang dikembangkan dalam penelitian ini, di mana teori Piaget menekankan pentingnya pengalaman belajar konkret dan interaktif sesuai tahap perkembangan kognitif siswa, sehingga materi klasifikasi makhluk hidup disajikan melalui visualisasi, simulasi, serta latihan soal yang memungkinkan siswa melakukan asimilasi dan akomodasi pengetahuan secara aktif; sedangkan teori Mayer memberikan landasan pada penggunaan prinsip-prinsip multimedia seperti kombinasi teks, gambar, dan video, penempatan informasi yang saling berdekatan, segmentasi materi ke dalam modul-modul kecil, serta penggunaan bahasa yang komunikatif, sehingga media ini mampu mengoptimalkan proses kognitif siswa, mengurangi beban kognitif, serta meningkatkan pemahaman dan hasil belajar secara signifikan, sebagaimana terbukti dari hasil penelitian yang menunjukkan media ini valid, layak, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al – Huda Jatirejo Mojoduwur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kendala saat pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Selanjutnya, pengembangan media dilakukan mengikuti lima tahapan dalam model ADDIE. Pada tahap Analyze, dilakukan analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum dan analisis karakteristik siswa serta identifikasi bahan ajar yang digunakan hanya berfokus pada LKS saja sehingga kurangnya hasil belajar yang belum optimal. Tahap design difokuskan pada materi klasifikasi makhluk hidup. Proses desain website edukasi ini menggunakan CMS wordpress dan di kombinasikan dengan aplikasi canva. Tahap develop, divalidasi oleh ahli media, materi, dan soal dengan hasil kelayakan sangat tinggi (skor 90–100%). Tahap implementation dilakukan melalui uji coba ke seluruh siswa untuk menilai kelayakan media. Uji coba pada siswa kelas VII MTs Al-Huda Jatirejo menunjukkan media mudah digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar, dengan rata-rata N-gain 0,76 (kategori tinggi). Media ini terbukti valid, layak, dan efektif serta berpotensi menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran IPA berbasis teknologi. Tahap evaluation, dilakukan diseluruh tahapan dari Analyze, Design, Develop dan Implementation.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0603 Evolutionary Biology > 060301 Animal Systematics and Taxonomy
06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0603 Evolutionary Biology > 060310 Plant Systematics and Taxonomy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: AFIF EMILIA
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:38
Last Modified: 09 Jul 2025 04:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18130

Actions (login required)

View Item View Item