ANGGRAINI, APRILIA ROSANA (2025) Pengembangan media pembelajaran parajeri untuk mengenalkan tarian daerah di Indonesia pada peserta didik kelas III SDN Puhjarak 2 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932606719_PRABAB.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
932606719_BAB1.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
932606719_BAB2.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
932606719_BAB3.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
932606719_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
![]() |
Text
932606719_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
![]() |
Text
9326067119_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
932606719_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
932606719_SURATPERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
Abstract
Hasil pengembangan PARAJERI (Papan Ragam Jenis Tari) sebagai media pembelajaran menunjukkan bahwa, 1) PARAJERI (Papan Ragam Jenis Tari) sesuai dengan materi pembelajaran kelas III dengan materi tarian daerah di Indonesia didesain dengan bentuk papan kayu yang dilengkapi dengan peta Indonesia serta gambar – gambar tarian daerah yang bisa ditempelkan di papan kayu tersebut. 2) kelayakan produk media pembelajaran PARAJERI (Papan Ragam Jenis Tari) mendapatkan skor dari para validator, pada validasi media menyimpulkan bahwa media pembelajaran PARAJERI (Papan Ragam Jenis Tari) sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan jumlah presentase 80% dari validator 1, sedangkan 84% dari validator 2. Untuk validasi ahli materi mendapatkan presentase sebesar 76% dari validator 1 dan 80% dari validator 2, dengan kriteria layak digunakan untuk pembelajaran. 3) peneliti melakukan uji coba dengan melakukan post test dan mendapatkan hasil analisis data berupa rata – rata nilai = 86. Hasil nilai post test peserta didik diatas 75 yaitu 25 peserta didik sedangkan dibawah 75 1 peserta didik. Berdasarkan hasil nilai post test dihitung dan mendapatkan hasil presentase 92% sehingga media pembelajaran PARAJERI (Papan Ragam Jenis Tari) dinyatakan efektif digunakan pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING (Studi Seni Kreatif dan Menulis) > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | APRILIA ROSANA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:21 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 05:21 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |