Pengembangan media pembelajaran ipa berbasis pop-up book dengan qr code untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas viii smp/mts

Mahmudah, Siti (2025) Pengembangan media pembelajaran ipa berbasis pop-up book dengan qr code untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas viii smp/mts. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21208045_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21208045_bab1.pdf

Download (653kB)
[img] Text
21208045_bab2.pdf

Download (997kB)
[img] Text
21208045_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text
21208045_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21208045_bab5.pdf

Download (590kB)
[img] Text
21208045_daftarpustaka.pdf

Download (550kB)
[img] Text
21208045_lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
21208045_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

Rendahnya motivasi peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar menjadi latar belakang dilakukannya penelitian dan pengembangan ini. Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi tersebut adalah minimnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan interaktif di kelas. Akibatnya, minat dan hasil belajar peserta didik, khususnya pada materi yang bersifat abstrak seperti Struktur Bumi dan Perkembangannya, menjadi kurang optimal. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang mampu menarik perhatian dan mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Pop-Up Book digital berbasis QR Code guna meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VIII. Metode yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penyebaran angket (kuesioner), serta tes kepada peserta didik dan pendidik untuk menilai kualitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat baik, dengan hasil validasi media sebesar 82,8%, validasi materi 85,7%, dan validasi pengguna 95,2%. Media ini juga terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran, ditunjukkan oleh hasil uji Paired Sample T-Test pada angket minat belajar dan soal pretest-posttest dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001. Selain itu, analisis uji N-Gain menghasilkan nilai rata-rata sebesar 0,7773 yang tergolong dalam kategori tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book digital berbasis QR Code layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0403 Geology > 040312 Structural Geology
04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0403 Geology > 040313 Tectonics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: SITI MAHMUDAH
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:29
Last Modified: 09 Jul 2025 03:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18125

Actions (login required)

View Item View Item