Muhzaini, Rofik (2024) The Collector : Media Pembelajaran Persamaan Linier Satu Variabel Dalam Setting Pembelajaran Numbered Heads Together di MTS Al Azhar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
932309419_prabab.pdf Download (701kB) |
![]() |
Text
932309419_bab1.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
932309419_bab2.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
932309419_bab3.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
932309419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
932309419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
![]() |
Text
932309419_daftarpustaka.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
932309419_pernyataan persetujuan publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika bernama "The Collector" untuk materi persamaan linear satu variabel, sebagai solusi atas pembelajaran konvensional di MTs Al Azhar yang hanya mengandalkan buku LKS. Pembelajaran tersebut dianggap kurang efektif karena hanya 10% siswa mencapai ketuntasan belajar. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian melibatkan siswa kelas 7A dan 7B. Uji coba skala kecil melibatkan 4 siswa kelas 7B, uji coba skala besar melibatkan kelas 7A sebagai kelas eksperimen dan seluruh kelas 7B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan media The Collector valid, dengan skor kevalidan media sebesar 67% dan 88%, serta kevalidan materi 70% dan 76%. Aspek kepraktisan juga tinggi dengan penilaian guru sebesar 76% dan rata-rata penilaian 4 siswa sebesar 85%. Efektivitas media dibuktikan melalui hasil tes belajar yang dianalisis menggunakan uji-t, menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana kelas eksperimen memperoleh hasil lebih baik. Kesimpulannya, media The Collector valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.
Actions (login required)
![]() |
View Item |