The Collector : Media Pembelajaran Persamaan Linier Satu Variabel Dalam Setting Pembelajaran Numbered Heads Together di MTS Al Azhar

Muhzaini, Rofik (2024) The Collector : Media Pembelajaran Persamaan Linier Satu Variabel Dalam Setting Pembelajaran Numbered Heads Together di MTS Al Azhar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932309419_prabab.pdf

Download (701kB)
[img] Text
932309419_bab1.pdf

Download (148kB)
[img] Text
932309419_bab2.pdf

Download (206kB)
[img] Text
932309419_bab3.pdf

Download (268kB)
[img] Text
932309419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932309419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
932309419_daftarpustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932309419_pernyataan persetujuan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika bernama "The Collector" untuk materi persamaan linear satu variabel, sebagai solusi atas pembelajaran konvensional di MTs Al Azhar yang hanya mengandalkan buku LKS. Pembelajaran tersebut dianggap kurang efektif karena hanya 10% siswa mencapai ketuntasan belajar. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian melibatkan siswa kelas 7A dan 7B. Uji coba skala kecil melibatkan 4 siswa kelas 7B, uji coba skala besar melibatkan kelas 7A sebagai kelas eksperimen dan seluruh kelas 7B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan media The Collector valid, dengan skor kevalidan media sebesar 67% dan 88%, serta kevalidan materi 70% dan 76%. Aspek kepraktisan juga tinggi dengan penilaian guru sebesar 76% dan rata-rata penilaian 4 siswa sebesar 85%. Efektivitas media dibuktikan melalui hasil tes belajar yang dianalisis menggunakan uji-t, menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana kelas eksperimen memperoleh hasil lebih baik. Kesimpulannya, media The Collector valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Rofik Muhzaini
Date Deposited: 09 Jul 2025 04:25
Last Modified: 09 Jul 2025 04:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18122

Actions (login required)

View Item View Item