Natarya, Revina (2025) KEMAMPUAN PELAFALAN PADA BAHASA ANAK USIA 4 TAHUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
21207026_prabab.pdf Download (876kB) |
![]() |
Text
21207026_bab1.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
21207026_bab2.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
21207026_bab3.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
21207026_bab4.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
21207026_bab5.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
21207026_bab6.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
21207026_daftar pustaka.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
21207026_lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21207026_pernyataan apload karya ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
Abstract
Bahasa berperan penting dalam perkembangan kognitif dan sosial anak. Pelafalan bahasa, khususnya aspek fonologis, menjadi dasar utama dalam membangun keterampilan komunikasi anak usia dini. Anak usia 4 tahun berada pada tahap pesat dalam menguasai bunyi bahasa, meskipun masih sering terjadi kesalahan pelafalan seperti perubahan, penghilangan, dan penambahan fonem. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pelafalan bahasa aspek fonologis pada anak usia 4 tahun, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah dua anak usia 4 tahun, yaitu satu anak laki-laki dan satu anak perempuan, yang dipilih untuk memperoleh variasi penggunaan bahasa tanpa adanya pembandingan dalam aspek fonologis. Data dikumpulkan melalui observasi, rekaman audio, wawancara, dan dokumentasi visual. Observasi dilakukan di lingkungan PAUD Dharma Wanita Selosari II untuk merekam interaksi alami anak. Rekaman audio membantu menganalisis pengucapan secara rinci, sementara wawancara dengan guru dan orang tua memberikan informasi pendukung tentang latar belakang bahasa anak. Dokumentasi visual digunakan sebagai data pelengkap. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak usia 4 tahun sudah mampu menguasai sebagian besar bunyi dalam bahasa Indonesia seperti bunyi vokal, konsonan, silabel, diftong, tekanan, nada, jeda, dan durasi. Namun masih ditemukan gejala perubahan fonem dan penghilangan fonem dalam ujaran. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pelafalan bahasa aspek fonologis ini meliputi faktor motivasi, jenis kelamin, bahasa pertama, dan lingkungan anak. Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi pendidik, orang tua, dan pihak terkait untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak melalui metode pembelajaran yang lebih efektif dan kontekstual.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | REVINA NATARYA |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:46 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |