Rahmawati, Putri (2025) Pengembangan media peti wayang keragaman budaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV pada pelajaran IPAS di SDN Gogorante Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206038_prabab.pdf Download (592kB) |
![]() |
Text
21206038_bab1.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
21206038_bab2.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
21206038_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text
21206038_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21206038_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text
21206038_daftarpustaka.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
21206038_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media Peti Wayang Keragaman Budaya untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS SDN Gogorante, mengetahui kelayakan media Peti Wayang keragaman budaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS SDN Gogorante, dan mengetahui keefektifan media Peti Wayang untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS SDN Gogorante.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis (analisis kebutuhan dan karakteristik siswa), Design (analisis media dan evaluasi), Development (pengembangan media dan validasi oleh para ahli), Implementation (penggunaan media dalam pembelajaran di kelas), dan Evaluation (penilaian keefektifan media melalui pretest dan posttest). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gogorante Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket validasi ahli, wawancara, serta tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan yang dilakukan oleh validator ahli terdiri dari dua media ahli dan dua materi ahli. Hasil validasi menunjukkan bahwa media Peti Wayang termasuk dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata kelayakan berkisar antara 80% sampai dengan 96%. Dalam penerapannya, efektivitas media ini diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain yang berkisar 0,3 menunjukkan bahwa pemahaman siswa dalam kategori sedang mengalami peningkatan, sedangkan aktivitas rata-rata siswa meningkat sebesar 44%. Sebelum menggunakan media, sebanyak 42% siswa masuk dalam kategori sangat rendah dalam pemahaman konsep, dan setelah menggunakan media, jumlah tersebut meningkat menjadi 86% dalam kategori tinggi. Berdasarkan uji kelayakan oleh ahli dan hasil uji efektivitas secara empiris, media Peti Wayang dinyatakan layak dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS untuk materi keragaman budaya di kelas IV.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) ; Kurikulum dan Pedagogi Humaniora dan Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | PUTRI RAHMAWATI |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 04:35 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 04:35 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |