Septiandini, Adinda Shalsabila Budi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Kelas 8 SMP Pada Materi Struktur Bumi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208026_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21208026_bab1.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
21208026_bab2.pdf Download (829kB) |
![]() |
Text
21208026_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
![]() |
Text
21208026_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
21208026_bab5.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
21208026_daftarpustaka.pdf Download (289kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan critical thinking siswa kelas 8 SMP pada materi Struktur Bumi. Dikembangkan media pembelajaran Flashcard berbasis Augmented Reality (AR) yang diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan kemampuan critical thinking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Flashcard berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan critical thinking siswa kelas 8 SMP pada materi struktur bumi; 2) Untuk mengetahui bagaimana kelayakan produk prosedur pengembangan media pembelajaran Flashcard berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan critical thinking siswa kelas 8 SMP pada materi struktur bumi; 3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Flashcard berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan critical thinking siswa kelas 8 SMP pada materi struktur bumi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu: (1) analisis (Analyze), (2) perancangan (Design), (3) pengembangan (Development), (4) implementasi (Implementation), dan (5) evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran Flashcard berbasis Augmented Reality (AR). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Plus Rahmat Kediri, dengan instrumen pengumpulan data berupa wawancara, tes, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. 2) Uji kelayakan media Flashcard berbasis AR melibatkan tiga validator: ahli media, ahli materi, dan ahli instrumen angket. Hasilnya, media dinyatakan layak digunakan, dengan kategori "Sangat Layak" dari ahli media (94%), "Layak" dari ahli materi (78%), dan "Sangat Layak" untuk instrumen angket pretest-posttest (98%). Media ini memenuhi kriteria kelayakan setelah revisi sesuai saran para ahli. 3) Berdasarkan penelitian terhadap 20 siswa kelas 8 SMP Plus Rahmat Kediri, media Flashcard berbasis Augmented Reality (AR) terbukti efektif meningkatkan kemampuan critical thinking pada materi Struktur Bumi. Peningkatan nilai rata-rata siswa dari pretest sebesar 40,75 menjadi 81,25 pada posttest setelah pembelajaran menggunakan media tersebut. Hasil uji N-Gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,6664 yang termasuk kategori “sedang,” menandakan adanya peningkatan kemampuan siswa setelah perlakuan. Hasil uji Wilcoxon memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (sig. < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan hasil critical thinking siswa kelas 8 SMP Plus Rahmat pada materi struktur bumi sebelum dan sesudah menggunakan media flashcard berbasis augmented reality (AR).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0403 Geology > 040312 Structural Geology 04 EARTH SCIENCES (Ilmu Bumi) > 0403 Geology > 040313 Tectonics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | ADINDA SHALSABILA BUDI SEPTIANDINI |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |