Wulandari, Rita (2025) Gaya Bahasa Perulangan dalam Album Berdamai Karya Ghea Indrawari dan Relevansinya terhadap Pengembangan Materi Ajar Puisi di SMA Kelas X. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21207056_prabab.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text
21207056_bab1.pdf Download (560kB) |
![]() |
Text
21207056_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
![]() |
Text
21207056_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
![]() |
Text
21207056_bab4.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
21207056_daftarpustaka.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
21207056_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA sangat penting dalam mengembangkan keterampilan berbahasa peserta didik. Gaya bahasa perulangan merupakan salah satu bentuk gaya bahasa yang penting dalam karya sastra dan musik karena dapat memperkuat makna, menciptakan irama, serta meningkatkan estetika bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa perulangan dalam album Berdamai karya Ghea Indrawari yang dirilis pada tahun 2024 dan mengetahui relevansinya terhadap pengembangan materi ajar puisi di SMA kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian pustaka dengan teknik simak, baca, dan catat sebagai metode pengumpulan data. Data primer berupa lirik-lirik lagu yang terdapat dalam album Berdamai, sedangkan data sekunder meliputi buku ajar Bahasa Indonesia kelas X, artikel jurnal penelitian, dan informasi dari media online. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan tujuh jenis gaya bahasa perulangan dalam album Berdamai, yaitu 8 data aliterasi, 23 data asonansi, 6 data anafora, 4 data epistrofa, 13 data epizeukis, 3 data mesodiplosis, dan 2 data simploke. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa lirik lagu dapat menjadi media pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif, khususnya dalam memperkenalkan konsep gaya bahasa kepada peserta didik. Lirik-lirik dalam album Berdamai dapat dijadikan sebagai bahan ajar alternatif yang kontekstual dan menarik. Materi ajar berbasis lirik lagu ini dapat membantu peserta didik memahami fungsi dan penerapan gaya bahasa, serta mengembangkan kemampuan apresiasi sastra secara kreatif.
Actions (login required)
![]() |
View Item |