Gaya Bahasa Perulangan dalam Album Berdamai Karya Ghea Indrawari dan Relevansinya terhadap Pengembangan Materi Ajar Puisi di SMA Kelas X

Wulandari, Rita (2025) Gaya Bahasa Perulangan dalam Album Berdamai Karya Ghea Indrawari dan Relevansinya terhadap Pengembangan Materi Ajar Puisi di SMA Kelas X. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21207056_prabab.pdf

Download (890kB)
[img] Text
21207056_bab1.pdf

Download (560kB)
[img] Text
21207056_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
21207056_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
21207056_bab4.pdf

Download (156kB)
[img] Text
21207056_daftarpustaka.pdf

Download (388kB)
[img] Text
21207056_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMA sangat penting dalam mengembangkan keterampilan berbahasa peserta didik. Gaya bahasa perulangan merupakan salah satu bentuk gaya bahasa yang penting dalam karya sastra dan musik karena dapat memperkuat makna, menciptakan irama, serta meningkatkan estetika bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa perulangan dalam album Berdamai karya Ghea Indrawari yang dirilis pada tahun 2024 dan mengetahui relevansinya terhadap pengembangan materi ajar puisi di SMA kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian pustaka dengan teknik simak, baca, dan catat sebagai metode pengumpulan data. Data primer berupa lirik-lirik lagu yang terdapat dalam album Berdamai, sedangkan data sekunder meliputi buku ajar Bahasa Indonesia kelas X, artikel jurnal penelitian, dan informasi dari media online. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan tujuh jenis gaya bahasa perulangan dalam album Berdamai, yaitu 8 data aliterasi, 23 data asonansi, 6 data anafora, 4 data epistrofa, 13 data epizeukis, 3 data mesodiplosis, dan 2 data simploke. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa lirik lagu dapat menjadi media pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif, khususnya dalam memperkenalkan konsep gaya bahasa kepada peserta didik. Lirik-lirik dalam album Berdamai dapat dijadikan sebagai bahan ajar alternatif yang kontekstual dan menarik. Materi ajar berbasis lirik lagu ini dapat membantu peserta didik memahami fungsi dan penerapan gaya bahasa, serta mengembangkan kemampuan apresiasi sastra secara kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: RITA WULANDARI
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:53
Last Modified: 07 Jul 2025 03:53
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18071

Actions (login required)

View Item View Item