Ristanti, Aditya Putri (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hyperlink Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas VII-2 di MTsN 6 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208040_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21208040_bab1.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
21208040_bab2.pdf Download (825kB) |
![]() |
Text
21208040_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21208040_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21208040_bab5.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
21208040_daftarpustaka.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
21208040_suratpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (187kB) |
Abstract
Kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam proses belajar mempengaruhi motivasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran, menjadi penyebab rendahnya minat belajar siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis hyperlink canva untuk meningkatkan minat belajar ekologi dan keanekaragaman hayati pada siswa kelas VII-2 di MTsN 6 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi media diperoleh dari ahli materi dan media dengan persentase validasi masing-masing sebesar 87,14% dan 100%, yang dikategorikan sangat valid dan layak digunakan. Sedangkan kepraktisan media diukur dari hasil angket respon siswa dengan hasil skor 83% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media diukur dari hasil pretest dan posttest minat belajar siswa, yang dianalisis menggunakan uji N-Gain, uji normalitas dan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada minat belajar siswa, dengan rata-rata skor pretest 58% dengan kategori rendah dan posttest 80% dengan kategori sedang. Uji N-Gain diperoleh nilai 0,5 dengan kategori sedang. Uji normalitas diperoleh nilai signifikansi (Sig.) pada data pretest minat belajar sebesar 0,964 dan pada data posttest minat belajar sebesar 0,243. Uji t juga mendukung hasil ini dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest minat belajar siswa. Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif berbasis hyperlink canva efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa Ekologi dan Keanekaragaman Hayati pada kelas VII-2 di MTsN 6 Nganjuk.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060202 Community Ecology (excl. Invasive Species Ecology) 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | ADITYA PUTRI RISTANTI |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:29 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |