Devianti, Evina Varia (2025) Pengembangan Laboratorium Virtual Kymatica Lab Pada Materi Getaran, Gelombang, Dan Cahaya Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII Di MTs Sunan Gunung Jati Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208017_prabab.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
21208017_bab1.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
21208017_bab2.pdf Download (698kB) |
![]() |
Text
21208017_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) | Request a copy |
![]() |
Text
21208017_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
21208017_bab5.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
21208017_daftarpustaka.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
21208017_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Terbatasnya proses praktikum fisika di MTs Sunan Gunung Jati Gurah akibat kerusakan alat dan minimnya pemanfaatan teknologi menjadi tantangan utama dalam pembelajaran. Kondisi ini menyebabkan kegiatan praktikum tidak berjalan maksimal, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika serta kurang terasahnya keterampilan proses sains mereka. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pengembangan laboratorium virtual Kymatica Lab diusulkan sebagai solusi inovatif. Melalui laboratorium virtual ini, diharapkan keterlibatan aktif siswa meningkat, pemahaman konsep fisika menjadi lebih kuat, dan keterampilan proses sains dapat berkembang melalui pengalaman praktikum secara virtual. Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diangkat meliputi tiga aspek utama, yaitu proses pengembangan, kelayakan, dan kepraktisan laboratorium virtual Kymatica Lab pada materi getaran, gelombang, dan cahaya dengan pendekatan keterampilan proses sains siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati. Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menguji kelayakan dan kepraktisan laboratorium virtual Kymatica Lab dengan pendekatan keterampilan proses sains sebagai media pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), serta desain uji coba produk yang bersifat deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan laboratorium virtual Kymatica Lab. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan laboratorium virtual Kymatica Lab dengan pendekatan keterampilan proses sains yang layak dan praktis sebagai media pembelajaran. Laboratorium virtual Kymatica Lab dinilai sangat layak sebagai media pembelajaran, berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli evaluasi pembelajaran dengan total persentase kelayakan sebesar 96,50%. Selain itu, penggunaan laboratorium virtual Kymatica Lab juga memenuhi krriteria sangat praktis bila ditinjau dari data keterlaksanaan pembelajaran (94,50%), sangat praktis berdasarkan angket keterampilan proses sains (88,85%) dan praktis menurut angket respon siswa dengan persentase sebesar (80,16%.). Total persentase dari keseluruhan instrumen memperoleh hasil sebesar 84,75% dan berada pada kategori sangat praktis sebagai media pembelajaran. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembanagn laboratorium virtual Kymatica Lab dengan pendekatan keterampilan proses sains sangat layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi getaran, gelombang, dan cahaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | EVINA VARIA DEVIANTI |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:04 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |