Handani, Adinda,Ayu (2025) Pengaruh Pembelajaran Stem Berbantuan Virtual Laboratory Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Perpindahan Kalor. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208038_prabab.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text
21208038_Bab1.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
21208038_bab2.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
21208038_bab3.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
21208038_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
![]() |
Text
21208038_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
![]() |
Text
21208038_bab6.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
21208038_daftarpustaka.pdf Download (431kB) |
Abstract
Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuasi eksperimen yang dengan desain pretest-postest control group. Populasi dalam penelitian ini adalha seluruh siswa kelas VII MTsN 8 Kediri. Sedangkan sample diambil dengan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sample yatu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu mengunakan observasi dan tes keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji homogenitas yang telah dilakukan, uji T pada nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memilikidata varians yang homogen atau sama. Sedangkan pada nilai sig.(2-tailed) memiki perbedaan yaitu pada nilai pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai sebesar sig.(2-tailed) sebesar 0,80 >0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis satu (H1) ditolak artinya tidak ada perbedaan yang signifikan karena belum ada perlakuan pembelajaran. Sedangkan pada posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan pembelajaran STEM berbantuan virtual laboratory memiliki nilai sebesar sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis satu (H1) diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pembelajaran STEM berbantuan virtual laboratory dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen sebesar 24,5 termasuk dalam kategori tinggi. Sementara untuk rata-rata N-Gain score untuk kelas kontrol sebesar -0,1 termasuk dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan STEM berbantuan virtual laboratory efektif terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0299 Other Physical Sciences (Ilmu Fisika Lainnya) > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | ADINDA AYU HANDANI |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 07:07 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 07:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/18008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |