Peran strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan : studi kasus pada kerupuk udang laut Sinar Lezat desa Jongbiru Kecamatan Gampengrejo kabupaten Kediri

Nurkumala, Dika (2022) Peran strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan : studi kasus pada kerupuk udang laut Sinar Lezat desa Jongbiru Kecamatan Gampengrejo kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931332215_prabab.pdf

Download (626kB)
[img] Text
931332215_bab1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
931332215_bab2.pdf

Download (231kB)
[img] Text
931332215_bab3.pdf

Download (140kB)
[img] Text
931332215_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
931332215_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
931332215_bab6.pdf

Download (121kB)
[img] Text
931332215_daftarpustaka.pdf

Download (131kB)
[img] Text
931332215_lembarpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Meningkatkan Penjualan, Kerupuk Udang Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh usaha kerupuk udang laut dan untuk menganalisi peran strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada studi kasus usaha kerupuk udang laut Sinar Lezat. Persaingan dagang yang ketat membuat setiap usaha dagang harus memiliki strategi pemasaran yang kuat agar dapat bertahan dan bersaing dengan perusahaan lainya. Untuk mempertahankan kedudukan suatu peruasahaan setiap pelaku usaha harus meningkatkan strategi bauran pemasaran dengan cara meningkatkan penjualan, dengan mengeluarkan produk-produk yang berkualitas, melakukan penetapan harga, promosi distribusi. Sinar Lezat adalah salah satu usaha kerupuk udang laut yang beridiri pada tahun 1990 dan masih bertahan samapai saat ini, bahkan pada saat Indonesia dilanda pandemi Covid’19 pun mampu bertahan dan tetap eksis. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan, menggunakan metode kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. Sinar Lezat sangat mengutamakan kepuasan konsumen. Walaupun tidak menyebutkan unsur-unsur syariahnya tetapi konsep syariah digunakan dimana antara penjual dan pembeli saling harus menguntungkan satu sama lain. menunjukkan bahwa strategi yang digunakan 7P yaitu dengan produk yang selalu menjaga kualitas, Harga yang relatif terjangkau, promosi masih menggunakan cara tradisional, tidak memiliki tempat khusus untuk memasarkan produknya tetapi sudah memiliki pangsa pasar yang tetap. Alat-alat penunjang proses produksi sudah memadahi. Namun pada kemasan krupuk belum tertera label halal, berat takaran, kadaluwarsa dan komposisi secara jelas. Tetapi keamanan konsumsinya sudah tercatat pada Dinas Kesehatan. Peran stategi pemasaran sangat berpengaruh, terbukti dari tahun ketahun meningkatnya jumlah produksi Sinar lezat. Dari data penjualan tahun 2019 sampai ke 2020 mengalami kenaikan 11%, lalu 2020 sampai ke 2021 mengalami kenaikan 50%. Walaupun 2021 ini adalah tahun pandemi karena adanya Covid’19, secara teori seharusya pada masa pandemi mengalami penurunan produksi, tetapi kenyataannya masa pandemi tetap bisa eksis dan justru meningkat permintaan produksi dan penjualannya. Dan walauapun strategi pemasarannya masih jadul sampai saat ini masih laku dan masih bertahan di masa modern ini. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Sinar Lezat mampu bersaing dengan perusahaan lain dan meningkatkan penjualan serta keuntungan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: DIKA NURKUMALA
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:26
Last Modified: 03 Jul 2025 03:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item View Item