PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 7 KOTA KEDIRI

Ashari, Zhakira Dewi (2025) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 7 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21201085_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21201085_bab1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
21201085_bab2.pdf

Download (555kB)
[img] Text
21201085_bab3.pdf

Download (329kB)
[img] Text
21201085_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21201085_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text
21201085_bab6.pdf

Download (196kB)
[img] Text
21201085_daftarpustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
21201085_lampiran.pdf

Download (4MB)
[img] Text
21201085_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

ZHAKIRA DEWI ASHARI, Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. NUR AHID, M.Ag dan Dr. SEPTIANA PURWANINGRUM, M.Pd.I, Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agam Islam dan Budi Pekerti di SMPNegeri 7 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Problematika, Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memberikan kebebasan kepada pendidik dan peserta didik untuk menentukan sendiri sistem pembelajaran yang akan diterapkan. Pendidik diberikan wewenang kebebasan secara mandiri untuk menterjemahkan Kurikulum Merdeka sebelum dijabarkan kepada para peserta didik, sehingga pendidik mampu menjawab setiap kebutuhan peserta didik saat proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Kota Kediri, (2) untuk mengetahui hambatan atau problematika penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Kota Kediri, (3) untuk mengetahui upaya pendidik mengatasi problematika penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah studi kasus dengan memperoleh sumber data dari Pendidik Pendidikan Agama Islam, Waka Kurikulum, dan Peserta Didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan fokus penelitian yaitu 1. Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Kota Kediri yaitu: a.) pendidik merancang modul ajar, b.) kegiatan pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, c.) evaluasi. 2. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Kota Kediri yaitu: a.) penurunan kinerja pada pendidik yang sudah lanjut usia, b.) ketergantungan peserta didik terhadap pendidik dalam mencari sumber belajar, c.) beban administrasi yang tinggi, d.) keterbatasan waktu pembelajaran, e.) kurang variatifnya metode pembelajaran yang digunakan, f.) pendidik yang belum mampu menguasai teknologi. 3. Upaya mengatasi Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Kota Kediri yaitu: a.) peningkatan koordinasi antar pendidik Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, b.) pengembangan metode serta media pembelajaran yang lebih bervariasi dan inovatif, c.) evaluasi terhadap perangkat dan praktik pembelajaran, d.) pelatihan dan workshop rutin diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi pendidik, e.) evaluasi secara berkala oleh tim kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ZHAKIRA DEWI ASHARI
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:38
Last Modified: 03 Jul 2025 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17953

Actions (login required)

View Item View Item