Yuliani, Reni (2025) Pengembangan Media “Eureka Cahaya & Bunyi” Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di SDN Ngronggo 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21206101_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21206101_bab1.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
21206101_bab2.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
21206101_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text
21206101_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21206101_bab5.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
21206101_daftarpustaka.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
21206101_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
21206101_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (107kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, khususnya materi cahaya dan bunyi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: materi dianggap sulit oleh peserta didik, guru dominan menggunaan LKS dan metode ceramah dalam pembelajaran, kurangnya pemanfaatan fasilitas, serta minimnya media pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mengembangkan media visual cetak yang terintegrasi dengan augmented reality bernama Eureka Cahaya & Bunyi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan media Eureka Cahaya & Bunyi, (2) mengetahui kelayakan media Eureka Cahaya & Bunyi, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar setelah penggunaan media Eureka Cahaya & Bunyi pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN Ngronggo 1 Kota Kediri. Penelitian ini dilakukan di SDN Ngronggo 1 dengan jumlah 28 peserta didik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analyze (menganalisis), Design (merancang), Develop (mengembangkan), Implement (menerapkan), dan Evaluate (mengevaluasi). Teknik analisis data mencakup uji validitas media, analisis hasil belajar peserta didik, uji normalitas, uji T, dan uji N-gain. Hasil penelitian dan pengembangan media Eureka Cahaya & Bunyi menunjukkan bahwa: (1) Prosedur pengembangan mengikuti tahapan model ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. (2) Hasil validasi kelayakan media menunjukkan bahwa penilaian oleh ahli materi memperoleh persentase 93% dan 96%, sedangkan ahli desain memberikan penilaian sebesar 100%. Penilaian dari pengguna menunjukkan persentase tertinggi 97% dan terendah 87%, sehingga media ini dikategorikan "Sangat Layak". (3) Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V, dengan ketuntasan awal sebesar 13% dan rata-rata nilai pretest 60,2, meningkat menjadi 100% ketuntasan dan rata-rata posttest 88,7. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi ρ=0,00, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media (H_α diterima). Uji N-gain menunjukkan rata-rata 0,7 dengan tafsiran keefektivan 70,2%, yang berarti media ini cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | RENI YULIANI |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:56 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |