Setiawan, Oky (2020) Makna Ber-make up bagi Pengguna Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933503416 Pra-BAB.pdf Download (332kB) |
|
Text
933503416 BAB I.pdf Download (628kB) |
|
Text
933503416 BAB II.pdf Download (296kB) |
|
Text
933503416 BAB III.pdf Download (345kB) |
|
Text
933503416 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933503416 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
|
Text
933503416 BAB VI.pdf Download (189kB) |
|
Text
933503416 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
|
Text
933503416 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
Abstract
Sejak aplikasi instagram semakin populer, saat ini banyak ditemui pengguna instagram yang menggunakan hijab. Baik dari kalangan influencer (biasa dikenal sebagai selebgram) yang memiliki banyak penggemar, maupun dari kalangan orang biasa. Interaksi yang terjadi antara influencer di media sosial ini kerap menimbulkan pengaruh bagi seseorang untuk tampil lebih cantik seperti influencer tersebut. Padahal sebagai seorang wanita muslim hendaknya tidak ber-tabbaruj. Apalagi sejak hijab menjadi sebuah trend, kini banyak yang mengikuti trend tersebut dengan tetap memperhatikan aspek kecantikan diri mereka. Seperti penggunaan make up dalam kehidupan sehari-harinya dan instagram yang menjadi wadah bagi mereka untuk membagikan momen cantik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna make up di kalangan mahasiswi IAIN Kediri yang menggunakan media sosial instagram. Informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang keseluruhannya merupakan mahasiswa IAIN Kediri yang aktif menggunakan instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data sedalam-dalamnya. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswi memaknai make up sebagai alat untuk mempercantik diri, merawat diri, bentuk menghargai diri, serta alat untuk menunjang penampilan. Yang seluruhnya mengarah ke satu tujuan untuk membuat pemakainya terlihat lebih cantik, baik secara disadari maupun tidak disadari pemakainya. Hal itu juga didukung oleh beberapa faktor yang membuat mahasiswi semakin percaya diri untuk menggunakan make up. Bahkan saat mereka pertama kali menggunakan make up, mereka ada yang sudah menggunakan hijab. Ini mencerminkan bahwa penggunaan hijab tidak membatasi seseorang untuk mengekspresikan dirinya dan menepis anggapan bahwa mereka yang berhijab adalah orang yang kuno.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 05:54 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 05:54 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1794 |
Actions (login required)
View Item |