Pengaruh Supervisi Klinis dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Mengajar Guru di MAN 1 Kota Kediri

Pangesti, Aliffanur Budi (2025) Pengaruh Supervisi Klinis dan Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Mengajar Guru di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21205076_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21205076_bab1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
21205076_bab2.pdf

Download (374kB)
[img] Text
21205076_bab3.pdf

Download (368kB)
[img] Text
21205076_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21205076_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
21205076_bab6.pdf

Download (231kB)
[img] Text
21205076_daftar_pustaka.pdf

Download (253kB)
[img] Text
21205076_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
21205076_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi klinis dan budaya organisasi terhadap kualitas mengajar guru di MAN 1 Kota Kediri. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran serta bagaimana supervisi klinis dan budaya organisasi dapat mendukung profesionalisme guru dalam mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru-guru di MAN 1 Kota Kediri. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya untuk memastikan keakuratan data yang diperoleh. Selain itu, dilakukan uji asumsi klasik guna memastikan model regresi yang digunakan memenuhi syarat analisis statistik. Hasil analisis regresi terhadap populasi dan sampel sebanyak 66 guru yang diolah dan dianalisis menggunakan program JASP (Jeffreys's Amazing Statistics Program) menunjukkan bahwa supervisi klinis berpengaruh signifikan terhadap kualitas mengajar guru. Hal ini menunjukkan bahwa semakin efektif pelaksanaan supervisi klinis, maka semakin meningkat pula kualitas pengajaran yang ditunjukkan oleh guru. Secara parsial, supervisi klinis memberikan kontribusi sebesar 50,3% terhadap kualitas mengajar. Di sisi lain, budaya organisasi juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan, dengan kontribusi sebesar 37%, yang menunjukkan bahwa lingkungan kerja yang kondusif dapat mendorong guru untuk lebih profesional dalam melaksanakan tugas mengajar. Secara simultan, supervisi klinis dan budaya organisasi bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 54,6% terhadap kualitas mengajar guru. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan mutu supervisi serta penguatan budaya organisasi sekolah sebagai langkah strategis dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ALIFFANUR BUDI PANGESTI
Date Deposited: 02 Jul 2025 08:34
Last Modified: 02 Jul 2025 08:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17924

Actions (login required)

View Item View Item