Pengembangan Media Evaluasi Sumatif Kuis Interaktif Berbasis Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 3 Kurungrejo Prambon Nganjuk

Muzaki, Mohammad Mufid (2025) Pengembangan Media Evaluasi Sumatif Kuis Interaktif Berbasis Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 3 Kurungrejo Prambon Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206074_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21206074_bab1.pdf

Download (998kB)
[img] Text
21206074_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206074_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21206074_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
21206074_bab5.pdf

Download (824kB)
[img] Text
21206074_daftarpustaka.pdf

Download (947kB)
[img] Text
21206074_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
21206074_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (577kB)

Abstract

MOHAMMAD MUFID MUZAKI, Dosen Pembimbing Dr. SEPTIANA PURWANINGRUM, M.Pd.I dan TUTIK DINUR ROFIAH, S.Pd.I., M.Pd. Pengembangan Media Evaluasi Sumatif Kuis Interaktif Berbasis Canva Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 3 Kurungrejo Prambon Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Media Evaluasi, Kuis Interaktif, Canva, IPAS, Siswa Kelas IV. Di era digital, evaluasi pembelajaran di sekolah dasar masih didominasi oleh tes tertulis konvensional yang cenderung kurang menarik dan tidak mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya inovasi pembelajaran berbasis teknologi yang interaktif dan menyenangkan. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah pengembangan media evaluasi sumatif berupa kuis interaktif berbasis Canva. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan media evaluasi sumatif kuis interaktif berbasis Canva pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 3 Kurungrejo Prambon Nganjuk ; (2) mengetahui kelayakan pengembangan media evaluasi sumatif kuis interaktif berbasis Canva pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 3 Kurungrejo Prambon Nganjuk; dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan kuis interaktif berbasis Canva sebagai media evaluasi sumatif pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas IV SDN 3 Kurungrejo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data diperoleh dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, serta respon peserta didik terhadap media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk menilai kelayakan dan respon terhadap media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prosedur pengembangan media dilakukan sesuai lima tahap ADDIE, dengan evaluasi yang dilakukan pada setiap tahap untuk menjamin relevansi, efektivitas, dan perbaikan media secara berkelanjutan; (2) hasil validasi menunjukkan bahwa media kuis interaktif berbasis Canva memperoleh skor rata-rata 4,7 dari ahli materi, 4,8 dari ahli media, dan 4,7 dari ahli bahasa, yang seluruhnya termasuk kategori sangat layak; dan (3) respon peserta didik kelas IV SDN 3 Kurungrejo terhadap media menunjukkan skor rata-rata 4,39 pada uji coba kelompok kecil dan 4,44 pada kelompok besar, yang juga termasuk dalam kategori sangat layak. Media ini terbukti mampu menciptakan suasana evaluasi yang menyenangkan, meningkatkan partisipasi siswa, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif. Dengan demikian, media ini sangat layak dan efektif digunakan sebagai media evaluasi sumatif dalam pembelajaran IPAS kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MOHAMMAD MUFID MUZAKI
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:30
Last Modified: 02 Jul 2025 02:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17909

Actions (login required)

View Item View Item