PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG SISWA KELAS VIII MTsN 6 NGANJUK

Muna, Chusna Lailatul (2025) PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG SISWA KELAS VIII MTsN 6 NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
21208006_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21208006_bab1.pdf

Download (361kB)
[img] Text
21208006_bab2.pdf

Download (565kB)
[img] Text
21208006_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
21208006_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21208006_bab5.pdf

Download (222kB)
[img] Text
21208006_daftarpustaka.pdf

Download (255kB)
[img] Text
21208006_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kegiatan Pembelajaran di MTsN 6 Nganjuk setelah melakukan observasi lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi IPA khususnya Getaran dan Gelombang, masih dibawah KKM yaitu nilai rata-rata 53,3. Hal ini dikarenakan, masih terbatasnya buku untuk pembelajaran. Materi Getaran dan Gelombang dianggap abstrak dan sulit divisualisasikan, padahal memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, penelitian tertarik mengembangakan Buku Suplemen IPA dengan tujuan (1) untuk mengembangkan Buku Suplemen IPA yang menarik dan relevan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 6 Nganjuk pada materi Getaran dan Gelombang, (2) untuk mengetahui kelayakan Buku Suplemen IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui tingkat efektivitas Buku Suplemen IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan menghasilkan produk buku suplemen IPA yang berkualitas dan bermanfaat bagi proses pembelajaran IPA. Penelitian ini melibatkan 30 siswa kelas VIII di MTsN 6 Nganjuk. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang meliputi lima fase yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Kelayakan media yang dikembangkan diukur menggunakan Skala Likert.Sedangkan analisis Buku Suplemen IPA dilakukan melalui Uji Normalitas, Uji Wilcoxon, Uji Homogenitas dan Uji N-Gain. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Pengembangan Buku Suplemen IPA dibuat dengan tambahan fitur kode QR yang menuju simulasi getaran dan gelombang, serta dilengkapi dengan latihan soal setiap Bab, latihan pengayaan, remidial, quiz, LKPD dan kumpulan 100 soal getaran gelombang supaya siswa dapat belajar mandiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) Validasi oleh ahli bahan ajar menunjukkan kelayakan Buku Suplemen IPA dengan persentase 90% dan 95,7%, sementara ahli materi memberikan penilaian sebesar 61,4 % dan 91,4%. Analisis data pretest dan posttest memperlihatkan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 53,3 meningkat menjadi 81,3. (3) selanjutnya peneliti melakukan Uji one parametrik Wilcoxon dan memperoleh hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah <.001. yang lebih kecil dari 0.05. Oleh karena itu, hipotesis nol ditolak. Sehingga, ada perbedaan yang signifikan antara median skor pretest dan median skor posttest. Lebih lanjut, perhitungan N-Gain sebesar 0,5784 menunjukkan peningkatan hasil belajar yang tergolong dalam kategori "sedang" setelah menggunakan Buku Suplemen IPA. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Buku Suplemen IPA untuk materi getaran dan gelombang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0299 Other Physical Sciences (Ilmu Fisika Lainnya) > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: CHUSNA LAILATUL MUNA
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:31
Last Modified: 02 Jul 2025 03:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17903

Actions (login required)

View Item View Item