Salsabela, Qothrun Nada (2025) Reasoning habits siswa ditinjau dari gaya belajar melalui masalah matematika realistik di MAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21204065_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21204065_bab1.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
21204065_bab2.pdf Download (653kB) |
![]() |
Text
21204065_bab3.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text
21204065_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
21204065_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Text
21204065_bab6.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
21204065_daftarpustaka.pdf Download (11MB) |
Abstract
Reasoning habits peserta didik yang beragam di MAN 4 Kediri, melatarbelakangi penelitian ini, salah satunya ditinjau dari gaya belajar. Dengan menggunakan gaya belajar menurut Ferlder-Silverman, diperoleh hasil bahwa terdapat 25 peserta didik dengan gaya belajar sensing-sequential, 38 peserta didik dengan gaya belajar sensing-global, 2 peserta didik dengan gaya belajar intuitive-sequential, dan 4 peserta didik intuitive-global. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan reasoning habits peserta didik ditinjau dari gaya belajar sensing-sequential, sensing-global, intuitive-sequential dan intuitive-global melalui masalah matematika realistik di MAN 4 Kediri. Untuk memperoleh data yang sesuai dengan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Teknik dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan lembar angket gaya belajar, lembar tes soal menggunakan masalah matematika reaslistik, dan wawancara yang telah divalidasi oleh 3 orang ahli matematika dengan hasil valid. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas X-D dan X-E MAN 4 Kediri yang total keseluruhannya sebanyak 69 peserta didik. Kemudian, setelah mengetahui gaya belajar setiap peserta didik, diambil 4 peserta didik dengan gaya belajar sensing-sequential, sensing-global, intuitive-sequential dan intuitive-global untuk dilakukan wawancara. Berdasarkan serangkaian tahapan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa reasoning habits mathematics peserta didik dengan gaya belajar sensing-sequential memiliki pola pikir yang sistematis dan teliti dalam menganalisis, tetapi kurang eksploratif menggunakan konsep yang kompleks. Reasoning habits mathematics peserta didik dengan gaya belajar sensing-global, cenderung deskriptif, luas dan mendalam dalam menyusun solusi. Reasoning habits mathematics peserta didik dengan gaya belajar intuitive-sequential cenderung sistematis menggunakan rumus dan logika serta inovatif dalam menghubungkan konsep, tetapi kurang teliti. Reasoning habits mathematics peserta didik dengan gaya belajar intuitive-global cenderung menghubungkan konsep secara abstrak dan inovatif yang mengandalkan pengalaman belajar sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | QOTHRUN NADA SALSABELA |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:11 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |