MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB ALKHARIQ NGANJUK

Wardani, Amida Kusuma (2025) MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB ALKHARIQ NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
20104096_prabab.pdf

Download (831kB)
[img] Text
20104096_bab1.pdf

Download (401kB)
[img] Text
20104096_bab2.pdf

Download (301kB)
[img] Text
20104096_bab3.pdf

Download (289kB)
[img] Text
20104096_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
20104096_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
20104096_bab6.pdf

Download (143kB)
[img] Text
20104096_daftarpustaka.pdf

Download (265kB)
[img] Text
20104096_lampiran.pdf

Download (911kB)
[img] Text
20104096_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)

Abstract

AMIDA KUSUMA WARDANI, Media Flashcards untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Anak Tunarungu Baru di SLB Al-Khariq Nganjuk, dosen pembimbing: Dr. Moh. Shofiyul Huda MF, M.Ag. dan Hanis Ribut Makasara, M.Psi., Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Kata Kunci: Flashcards, Regulasi Emosi, Anak Tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media flashcards dalam meningkatkan kemampuan regulasi emosi pada anak tunarungu baru di SLB Al-Khariq Nganjuk. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan desain eksperimen kasus tunggal (Single Subject Research) model A–B. Subjek penelitian adalah seorang anak tunarungu berusia 7 tahun. Intervensi dilakukan selama enam sesi dengan menggunakan media flashcards yang dirancang secara visual untuk mengenalkan ekspresi emosi, situasi pemicu, serta strategi penanganan emosi secara bertahap. Data diperoleh melalui observasi guru dan orang tua, dengan instrumen yang disusun berdasarkan lima aspek regulasi emosi menurut Thompson: memahami, mengidentifikasi, mengekspresikan, mengatur, dan menangani emosi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan regulasi emosi subjek, ditandai dengan meningkatnya persentase skor observasi dari kategori berkembang awal menjadi berkembang, bahkan sangat berkembang. Flashcards terbukti membantu subjek mengenali dan mengelola emosi secara visual dan kontekstual.Penelitian ini menyimpulkan bahwa media flashcards efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan regulasi emosi anak tunarungu, serta dapat menjadi referensi bagi guru dan orang tua dalam memberikan stimulasi emosional secara tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: AMIDA KUSUMA WARDANI
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:34
Last Modified: 07 Jul 2025 07:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17894

Actions (login required)

View Item View Item