Alfianto, Dede (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terintegrasi Augmented Reality (Ar) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21208039_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21208039_bab1.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
21208039_bab2.pdf Download (730kB) |
![]() |
Text
21208039_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
![]() |
Text
21208039_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21208039_bab5.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
21208039_daftarpustaka.pdf Download (459kB) |
Abstract
Metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif membuat siswa kesulitan memahami konsep, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint interaktif terintegrasi Augmented Reality (AR) pada materi sistem tata surya untuk peserta didik kelas VII SMP serta mengetahui kelayakan dan keefektifan media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Kelayakan media diperoleh melalui validasi dari ahli desain, ahli materi, dan ahli media, serta uji coba kelompok kecil. Sementara itu, efektivitas media dianalisis melalui perbandingan hasil pre-test dan post-test siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media tersebut. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat layak digunakan, dengan persentase kelayakan dari ahli desain sebesar 98%, ahli materi sebesar 98%, dan ahli media sebesar 98%. Uji coba kelompok kecil juga menunjukkan respon positif dengan rata-rata persentase sebesar 98%. Untuk menguji keefektifan media, dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, dan perhitungan N-Gain. Hasil uji paired sample ttest menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menandakan terdapat perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Perhitungan N-Gain menghasilkan skor rata-rata sebesar 0,60 dan N-Gain persentase sebesar 60,21% yang termasuk dalam kategori sedang dan cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint interaktif terintegrasi AR yang dikembangkan layak dan cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPA di SMP.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES (Ilmu Fisika) > 0201 Astronomical and Space Sciences (Ilmu Astronomi dan Luar Angkasa) > 020108 Planetary Science (excl. Extraterrestrial Geology) ; Ilmu Planet (tidak termasuk Geologi Luar Bumi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA |
Depositing User: | DEDE ALFIANTO |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:47 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |