Al Amin, Ahmad Ghufron Razzaq (2025) Upaya ustadz dan ustadzah dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur’an pada siswa di TPQ Al- Mujari Gayam Mojoroto Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201093_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21201093_bab1.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
21201093_bab2.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
21201093_bab3.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
21201093_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
21201093_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text
21201093_bab6.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
21201093_daftarpustaka.pdf Download (137kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya ustadz dan ustadzah dalam mengatasi kesulitan Al-Qur’an siswa di TPQ Al- Mujari Gayam Mojoroto. 2) Problematika membaca Al-Qur’an siswa di TPQ Al- Mujari Gayam Mojoroto. 3) Faktor penghambat dan pendukung dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa di TPQ Al- Mujari Gayam Mojoroto. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan mengambil latar TPQ Al- Mujari Gayam Mojoroto. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisa dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi metode dan sumber dengan cara membandingkan data hasil pengamatan dan hasil wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Upaya Guru TPQ dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an pada peserta didik dengan metode Usmani dan Halaqoh atau membuat lingkaran bersama akan membantu siswa untuk belajar mengingat huruf, mengenali dan melafalkan huruf al-Qur’an, di sini lah upaya guru yang sangat penting untuk membimbing dan mengarahkan siswa. 2) Beberapa kesulitan yang ditemui peserta didik saat atau pun ketika membaca al-Qur’an mulai dari kesulitan mengenali huruf, dan sulit dalam pelafalan sampai sulit meluangkan waktu untuk membaca al-Qur’an3) Faktor Internal: Faktor internal siswa meliputi rendahnya kapasitas intelektual yang mereka miliki (sifat kognitif), Tidak terkontrolnya sikap atau emosi yang dimiliki (afektif), Terganggunya alat indera penglihat dan pendengar (psikomotor), Bakat merupakan potensi atau kemampuan yang jika dikembangkan melalui belajar akan menjadi kecakapan yang nyata dan cara belajar yang efektif dan efisien akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dalam belajar. Faktor Eksternal: Keluarga, Lingkungan Masyarakat dan Kurangnya alat-alat peraga dalam mengajarkan materi baca tulis al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD GHUFRON RAZZAQ AL AMIN |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 09:13 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 09:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |