Mu'arifah, Alfitriana (2025) Penggunaan Channel Youtube "Marhaban Academy" Melalui Media Pembelajaran Permainan (Educaply-Video Quiz) dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat bahasa Arab Siswa Kelas VIII A MTs Raudlatut Thalabah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21203004_Prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
21030004_bab1.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
21203004_bab2.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
21203004_bab3.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
21203004_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
21203004_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text
21203004_bab6.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
21203004_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Arab sebagai bahasa utama umat Islam dan penting untuk memahami Al-Qur'an, bahasa Arab masih sulit dikuasai karena struktur dan penggunaan yang berbeda dari bahasa sehari-hari siswa. Media pembelajaran seperti YouTube, terutama channel Marhaban Academy, dianggap sebagai cara yang efektif untuk menyampaikan materi bahasa Arab dengan cara yang menarik dan interaktif. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana penggunaan media pembelajaran ini dalam meningkatkan penguasaan mufrodat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggabungkan video pembelajaran Marhaban Academy dan permainan Educaplay, pembelajaran menjadi lebih aktif, meningkatkan konsentrasi siswa, dan mendorong keterlibatan siswa secara langsung. Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian yang dilakukan peneliti, yaitu: Salah satu kelebihan utama dari penggunaan channel YouTube dan game Educaplay adalah menciptakan lingkungan belajar yang tidak membosankan, interaktif, dan memungkinkan siswa untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Namun, kekurangannya terletak pada ketergantungan pada teknologi, yang berarti bahwa jika ada masalah dengan teknologi atau keterbatasan akses, belajar akan terhambat. Penelitian ini menemukan bahwa meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan inovasi media pembelajaran berbasis teknologi sangat relevan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ALFITRIANA MU`ARIFAH |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 02:34 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 02:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |