Pengembangan Media TARANA (Tangga Raja Nusantara) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Materi Kerajaan Di Nusantara Kelas IV Di MI Diponegoro Gurah

Aisyah, Lina Dewi (2025) Pengembangan Media TARANA (Tangga Raja Nusantara) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Materi Kerajaan Di Nusantara Kelas IV Di MI Diponegoro Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21206089_prajab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21206089_bab1.pdf

Download (433kB)
[img] Text
21206089_bab2.pdf

Download (403kB)
[img] Text
21206089_bab3.pdf

Download (527kB)
[img] Text
21206089_bab4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
21206089_bab5.pdf

Download (19kB)
[img] Text
21206089_daftar pustaka.pdf

Download (459kB)
[img] Text
21206089_lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
21206089_pernyataan uploud karya ilmiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

Penyajian materi yang menarik berperan penting dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Materi Kerajaan di Nusantara memiliki potensi besar untuk dipelajari dengan antusias jika disajikan dengan metode yang inovatif dan media pembelajaran yang interaktif. Dengan pengembangan media yang lebih kreatif dan menarik, seperti media TARANA (Tangga Raja Nusantara), diharapkan peserta didik semakin termotivasi dan mudah memahami materi. Tujuan dari pada penelitian dan pengembangan ini yakni (1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran baru yakni media TARANA materi Kerajaan di Nusantara kelas IV di MI Diponegoro Gurah. (2) mengetahui kelayakan media TARANA materi Kerajaan di Nusantara kelas IV di MI Diponegoro Gurah. (3) mengetahui keefektifan pengembangan produk media TARANA materi Kerajaan di Nusantara kelas IV di MI Diponegoro Gurah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE diterapkan dalam penelitian ini, di mana mencakup lima tahap, yakni analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Penelitian dilaksanakan di MI Diponegoro Gurah dengan subjek sebanyak 29 siswa kelas IV. Temuan penelitian pengembangan menemukan bahwasanya (1) Hasil validasi menunjukkan bahwasanya media TARANA sangat layak digunakan, dengan perolehan persentase: ahli media 98,4%, respon pendidik terhadap media 86%, ahli materi I 84%, ahli materi II 98%, respon pendidik terhadap materi 88%, dan ahli angket motivasi belajar 96%. Dari hasil presentase tersebut dapat diklasifikasikan dengan kriteria “sangat layak”. (2) Respon peserta didik melalui hasil angket membuktikan bahwasanya media ini sangat layak, dengan skor presentase 95,4% pada kelompok kecil dan 98,4% pada kelompok besar. (3) Nilai pretest dan posttest pada kelompok kecil mencapai 0,93 yang termasuk kategori tinggi atau 93% dengan termasuk kategori efektif. Sementara itu, kelompok besar mendapat nilai pretest dan posttest di angka 0,89 termasuk kategori tinggi atau 89,2% dengan termasuk kategori efektif. Karenanya, media yang dikembangkan terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV di MI Diponegoro Gurah. Kata Kunci: Pengembangan, Media TARANA, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LINA DEWI AISYAH
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:52
Last Modified: 04 Jul 2025 02:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17841

Actions (login required)

View Item View Item