Faza, Pryzam Putri (2025) Pengelolaan pembiayaan pendidikan berbasis kemandirian madrasah di MTs Al-Amien Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri.
![]() |
Text
21205039_prabab.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
21205039_bab1.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
21205039_bab2.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
21205039_bab3.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
21205039_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
21205039_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
![]() |
Text
21205039_bab6.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
21205039_daftarpustaka.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
21205039_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
Abstract
Pembiayaan pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam menjamin keberlangsungan dan kualitas pendidikan. Di tengah kebijakan efisiensi anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah, lembaga pendidikan, khususnya madrasah swasta yang bertumbuh seperti MTs Al-Amien Kota Kediri, dituntut untuk mampu mengelola pembiayaan pendidikan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses 1) Perencanaan pembiayaan pendidikan berbasis kemandirian madrasah di MTs Al-Amien , 2) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan berbasis kemandirian madrasah di MTs Al-Amien , dan 3) Evaluasi pembiayaan pendidikan berbasis kemandirian madrasah di MTs Al-Amien . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kepala madrasah, bendahara BOS, dan bendahara sekolah sebagai informan kunci. Peneliti terlibat secara langsung di lapangan untuk mendapatkan data yang autentik dan komprehensif. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembiayaan pendidikan berbasis kemandirian di MTs Al-Amien dilakukan secara sistematis dan bertanggung jawab dari pembentukan Tim Penjamin Mutu oleh kepala madrasah. Perencanaan anggaran disusun dalam bentuk RKAM yang berkaca pada EDM dengan melibatkan berbagai pihak di lingkungan madrasah. Sumber pembiayaan utamanya rutin dari dana BOS serta iuran dari wali murid dan dana non rutin yakni penggalian dana mandiri pada kerjasama dengan pihak lain. Pelaksanaan anggaran dilakukan secara hati-hati dengan mendahulukan kebutuhan prioritas, disesuaikan dengan kondisi dana yang tersedia, dan pencairanya mengikuti prosedur yang ketat. Sistem pembukuan yang diterapkan secara manual dan digital. Evaluasi pembiayaan dilakukan secara berkala sesuai siklus anggaran sebagai bentuk pertanggungjawaban dan peningkatan mutu pengelolaan keuangan madrasah. Segenap elemen madrasah turut aktif berpartisipasi dalam evaluasi pembiayaan pendidikan. Hambatan keterbatasan dana dapat dilalui dengan menerapkan solusi berupa mencari dukungan finansial lain berupa pengajuan proposal pada pemerintah kota atau pemerintah provinsi dan bekerja sama dengan PT Taspen dalam pembiayaan pendidikan. Hasil evaluasi nantinya digunakan sebagai acuan dalam penyusunan anggaran berikutnya.
Actions (login required)
![]() |
View Item |