Mufidah, Ika Kholifatul (2025) Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap karakter peserta didik di SDN Datengan 1 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
21201159_prabab.pdf Download (980kB) |
![]() |
Text
21201159_bab1.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
21201159_bab2.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
21201159_bab3.pdf Download (567kB) |
![]() |
Text
21201159_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
![]() |
Text
21201159_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
![]() |
Text
21201159_bab6.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
21201159_daftarpustaka.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
21201159_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
![]() |
Text
21201159_lembarpersetujuanpublikasikaryailmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam pembentukan karakter peserta didik di SDN Datengan 1. Meskipun sekolah telah menerapkan berbagai program pembiasaan yang positif, seperti sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, pembacaan asmaul husna, serta koperasi siswa kejujuran, masih terdapat beberapa peserta didik yang belum terbiasa melaksanakan sholat 5 waktu, tidak jujur, dan kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Karakter anak dibentuk oleh berbagai faktor, diantaranya lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang memiliki peran sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui lingkungan keluarga peserta didik di SDN Datengan 1, (2) mengetahui lingkungan sekolah peserta didik di SDN Datengan 1, (3) mengetahui karakter peserta didik di SDN Datengan 1, (4) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap karakter peserta didik di SDN Datengan 1, (5) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap karakter peserta di SDN Datengan 1, (6) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap karakter peserta didik di SDN Datengan 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto dan populasi sebanyak 60 peserta didik kelas 4, 5 dan 6 (teknik total sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitasnya oleh 5 expert judgment dan dokumentasi data peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t untuk menguji pengaruh masing-masing variabel (parsial) dan uji F untuk menguji pengaruh keduanya terhadap karakter (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga dalam kategori cukup kondusif sebesar 55% responden, (2) lingkungan sekolah dalam kategori kondusif sebesar 45% responden, (3) karakter peserta didik tinggi sebesar 60% responden, (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap karakter sebesar 34,1%, (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap karakter sebesar 27,4%, (6) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap karakter sebesar 47,8% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | IKA KHOLIFATUL MUFIDAH |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:47 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17783 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |