Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap karakter peserta didik di SDN Datengan 1 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri

Mufidah, Ika Kholifatul (2025) Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap karakter peserta didik di SDN Datengan 1 Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201159_prabab.pdf

Download (980kB)
[img] Text
21201159_bab1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
21201159_bab2.pdf

Download (445kB)
[img] Text
21201159_bab3.pdf

Download (567kB)
[img] Text
21201159_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
21201159_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
21201159_bab6.pdf

Download (194kB)
[img] Text
21201159_daftarpustaka.pdf

Download (421kB)
[img] Text
21201159_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
21201159_lembarpersetujuanpublikasikaryailmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam pembentukan karakter peserta didik di SDN Datengan 1. Meskipun sekolah telah menerapkan berbagai program pembiasaan yang positif, seperti sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, pembacaan asmaul husna, serta koperasi siswa kejujuran, masih terdapat beberapa peserta didik yang belum terbiasa melaksanakan sholat 5 waktu, tidak jujur, dan kurang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Karakter anak dibentuk oleh berbagai faktor, diantaranya lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang memiliki peran sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui lingkungan keluarga peserta didik di SDN Datengan 1, (2) mengetahui lingkungan sekolah peserta didik di SDN Datengan 1, (3) mengetahui karakter peserta didik di SDN Datengan 1, (4) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap karakter peserta didik di SDN Datengan 1, (5) mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap karakter peserta di SDN Datengan 1, (6) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap karakter peserta didik di SDN Datengan 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto dan populasi sebanyak 60 peserta didik kelas 4, 5 dan 6 (teknik total sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitasnya oleh 5 expert judgment dan dokumentasi data peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t untuk menguji pengaruh masing-masing variabel (parsial) dan uji F untuk menguji pengaruh keduanya terhadap karakter (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga dalam kategori cukup kondusif sebesar 55% responden, (2) lingkungan sekolah dalam kategori kondusif sebesar 45% responden, (3) karakter peserta didik tinggi sebesar 60% responden, (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap karakter sebesar 34,1%, (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap karakter sebesar 27,4%, (6) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap karakter sebesar 47,8% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IKA KHOLIFATUL MUFIDAH
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:47
Last Modified: 22 Jul 2025 03:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17783

Actions (login required)

View Item View Item