PERAN SERTIFIKASI HALAL DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Rumah Makan Sate Ayam Khas Ponorogo Pak Siboen Kediri)

Abdillah, Achmad Nur Fauzi (2025) PERAN SERTIFIKASI HALAL DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Pada Rumah Makan Sate Ayam Khas Ponorogo Pak Siboen Kediri). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
934124919_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934124919_bab1.pdf

Download (398kB)
[img] Text
934124919_bab2.pdf

Download (277kB)
[img] Text
934124919_bab3.pdf

Download (210kB)
[img] Text
934124919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
934124919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
934124919_bab6.pdf

Download (128kB)
[img] Text
934124919_daftarpustaka.pdf

Download (257kB)
[img] Text
934124919_lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934124919_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

Achmad Nur Fauzi Abdillah. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Sulistyowati, SHI. M.EI dan Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza, M.E. Peran Sertifikasi Halal Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Rumah Makan Sate Ayam Khas Ponorogo Pak Siboen Kediri). Progam Studi Ekomomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kediri 2024. Kata Kunci : Sertifikasi Halal, Keputusan Pembelian, Makanan Halal, Rumah Makan Sate Ayam Pak Siboen Kediri Kesadaran konsumen Muslim terhadap pentingnya mengonsumsi makanan halal semakin meningkat. Sertifikasi halal menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan pembelian, karena berkaitan dengan aspek spiritual, kesehatan, dan kepercayaan terhadap produk. Rumah Makan Sate Ayam Khas Ponorogo Pak Siboen Kediri telah memperoleh sertifikasi halal dan menerapkannya dalam operasional bisnis mereka untuk meningkatkan daya tarik dan kepercayaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan jaminan produk halal serta menganalisis peran sertifikasi halal dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen di Rumah Makan Sate Ayam Khas Ponorogo Pak Siboen, Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian mencakup manajer operasional, karyawan produksi, penyelia halal, serta sepuluh orang konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan jaminan produk halal di Rumah Makan Sate Ayam Pak Siboen telah dijalankan secara sistematis, meliputi aspek komitmen dan tanggung jawab, pemilihan bahan baku yang sesuai standar halal, proses produksi yang memenuhi ketentuan kehalalan, serta pengawasan dan evaluasi berkala untuk memastikan keberlanjutan penerapan standar halal. Selain itu, sertifikasi halal yang sudah dimiliki berkontribusi dan mampu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan kehalalan produk yang ditawarkan sehingga menjadi salah satu faktor utama dalam keputusan pembelian mereka. Konsumen yang diwawancarai menyatakan bahwa keberadaan sertifikasi halal memberikan rasa aman dan keyakinan bahwa makanan yang mereka konsumsi benar-benar halal dan bersih. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sertifikasi halal selain menjadi kebutuhan bagi pelaku usaha dalam memenuhi permintaan pasar Muslim, tetapi juga mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen karena meningkatnya kepercayaan mereka terhadap kualitas dan kehalalan produk tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: ACHMAD NUR FAUZI ABDILLAH
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:13
Last Modified: 22 Jul 2025 04:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item