Pengaruh Ketaatan Beribadah Santri dalam Mengikuti Pendidikan Tasawuf Terhadap Kecerdasan Spiritual dan Kepribadian Islam di PP Qur’any Sumberagung Gandusari Blitar

A'yun, Lutfi Qurrotil (2018) Pengaruh Ketaatan Beribadah Santri dalam Mengikuti Pendidikan Tasawuf Terhadap Kecerdasan Spiritual dan Kepribadian Islam di PP Qur’any Sumberagung Gandusari Blitar. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101016015 prabab.pdf

Download (231kB)
[img] Text
92101016015 BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
92101016015 BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
92101016015 BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
92101016015 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
92101016015 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
92101016015 BAB VI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
92101016015 DP.pdf

Download (142kB)

Abstract

Ketaatan beribadah santri dalam mengikuti pendidikan tasawuf adalah kepatuhan seorang santri dalam menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangan Nya melalui bimbingan seorang mursyid terhadap murid yang berlangsung sepanjang hayat untuk mensucikan jiwa dan menjernihkan hati dengan mendekatkan diri pada Allah sampai tercapai kebahagiaan dunia akhirat. Hal tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan spiritual dan kepribadian Islam. Muslim yang memiliki kecerdasan spiritual akan memiliki budi pekerti yang luhur, berkepribadian islami, taat beribadah dan tenang jiwanya. Semuanya adalah manifestasi keadaan jiwa dan hati (qalbu) yang memiliki jalan dan hanya bersandar kepada Allah sehingga tertuang pada prilaku yang baik dalam kehidupannya. Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pengaruh ketaatan beribadah santri dalam mengikuti pendidikan tasawuf terhadap kecerdasan spiritual dan kepribadian Islam. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh ketaatan beribadah santri dalam mengikuti pendidikan tasawuf terhadap kecerdasan spiritual dan kepribadian Islam di PP Qur’any Sumberagung Gandusari Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian regresi atau pengaruh. Dari populasi sebanyak 48 santri, diambil sampel 40 santri. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis uji hipotesis yang digunakan adalah uji signifikansi multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ketaatan beribadah santri dalam mengikuti pendidikan tasawuf terhadap kecerdasan spiritual dengan nilai F hitung 6,422 dengan signifikan 0,001. Serta diketahui besarnya pengaruh yaitu 0,790 artinya besarnya pengaruh adalah 79%. Hasil ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ketaatan beribadah santri dalam mengikuti pendidikan tasawuf terhadap kepribadian Islam dengan nilai F hitung 8,818 dengan signifikan 0,000. Serta diketahui besarnya pengaruh yaitu 0,844 artinya besarnya pengaruh adalah 84,4%. Secara multivariat dibuktikan dengan uji signifikansi multivariat yang menghasilkan nilai < 0,05, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ketaatan beribadah santri dalam mengikuti pendidikan tasawuf terhadap kecerdasan spiritual dan kepribadian Islam secara multivariat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 16 Nov 2020 02:29
Last Modified: 16 Nov 2020 02:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item