'Atiyah, Hilma (2024) Strategi Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Raudlatut Thalabah Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
20201124_prabab.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
20201124_bab1.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
20201124_bab2.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
20201124_bab3.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
20201124_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
![]() |
Text
20201124_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
20201124_bab6.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
20201124_daftarpustaka.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
20201124_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
20201124_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (196kB) |
Abstract
HILMA „ATIYAH, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar tsani, M.Ag. dan Ahmad Fahroni, M.Pd.I., Strategi Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Raudlatut Thalabah Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Pembelajaran, Akidah Akhlak, Siswa MTs. Pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran akidah akhlak penting karena dapat mencetak karakter peserta didik yang sesuai nilai-nilai islam dalam berperilaku dan berinteraksi dengan Tuhan, sesama makhluk dan alam. Berkaitan dengan hal tersebut, fokus penelitian pada penelitian ini mengkaji tentang (1)Bagaimana strategi yang dilakukan untuk pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Raudlatut Thalabah tahun ajaran 2023/2024, (2) Apa dampak yang terjadi setelah Pengimplementasian strategi pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Raudlatut Thalabah tahun ajaran 2023/2024, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang dilakukan untuk Pengimplementasian pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Raudlatut Thalabah tahun ajaran 2023/2024., (2) Untuk mendeskripsikan apa saja dampak yang mempengaruhi setelah pengimplementasian strategi pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Raudlatut Thalabah tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitianya yaitu studi kasus dengan memperoleh sumber data dari Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak, Guru BK, Waka Kurikulum Dan Siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk menguji keabsahan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan fokus penelitian yaitu 1. Strategi yang dilakukan untuk pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Raudlatut Thalabah yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif yakni model pembelajarn kelompok yang memiliki aturan-aturan tertentu agar tercapai tujuan bersana yang diinginkan, 2. Dampak yang terjadi setelah pengimplementasian strategi pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Raudlatut Thalabah yaitu memiliki dampak positif yang signifikan misalnya lebih terbentuk karakter siswa yang berkarakter peduli sosial, komunikatif/bersahabat, dan toleransi dengan sesama. Dan juga memiliki dampak negatif seperti kondisi kelas lebih tidak konduktif dan sedikit ramai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | HILMA `ATIYAH |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 04:10 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 04:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17742 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |