BAHRUL ULUM, MOHAMAD FARIS (2025) Pesan Semiotik Pada Akun Dakwah @Abhizar_Albirru Dalam Media Sosial Tiktok. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
933511618_prabab.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
933511618_BAB I.pdf Download (526kB) |
![]() |
Text
933511618_BAB2.pdf Download (587kB) |
![]() |
Text
93351618_BAB3.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
933511618_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
933511618_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
![]() |
Text
933511618_BAB6.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
933511618_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
933511618_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
![]() |
Text
933511618_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (222kB) |
Abstract
Ulum, Mohamad Faris Bahrul, 2024, Pesan Semiotik Pada Akun Dakwah @Abhizar_Albirru Dalam Media Sosial Tiktok, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Dosen Pembimbing (1) Dr. H. M. Dimyati Huda, M.Ag dan (2) Dr. Moch. Muwaffiqillah, M.Fil.I. Kata Kunci: Pesan Dakwah, Semiotika Roland Barthes, Media Sosial Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan dakwah yang disampaikan melalui akun TikTok @Abhizar_Albirru dengan pendekatan semiotik. Pesan dakwah yang disoroti mencakup tiga aspek utama, yaitu akidah, akhlak, dan syariah. Dengan menggunakan teori semiotik Roland Barthes, penelitian ini mengkaji makna konotasi, denotasi, dan mitos yang terkandung dalam konten dakwah akun tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan akidah sering kali disampaikan melalui simbol-simbol visual dan narasi yang menegaskan pentingnya keimanan kepada Allah, yang memiliki makna denotasi berupa ajakan untuk bertauhid, konotasi berupa penguatan nilai spiritual, dan mitos yang mengaitkan keimanan dengan kehidupan modern yang harmonis. Pesan akhlak diilustrasikan melalui cerita keseharian, dialog, dan ekspresi artistik yang mengandung makna denotasi berupa perilaku baik, konotasi tentang pentingnya hubungan sosial yang positif, dan mitos terkait citra ideal individu muslim. Adapun pesan syariah dihadirkan melalui konten yang menjelaskan praktik ibadah, hukum Islam, dan tata cara berperilaku sesuai syariat, dengan makna denotasi berupa pedoman praktis, konotasi mengenai keindahan hidup sesuai aturan agama, dan mitos yang mengaitkan ketaatan dengan keberhasilan hidup. Penelitian ini menyimpulkan Pesan dakwah akidah yang terkandung dalam konten tersebut adalah tentang Berprasangka baik pada Allah, menerima takdir dan menguatkan iman kepada allah. Pesan dakwah Akhlak adalah memperbaiki prilaku buruk yang menyimpang dan memiliki rasa malu. Pesan dakwah syariah tentang kewajiban sholat, kewajiban berhijab bagi muslim dan menjahui larangan-larangan Allah. Dalam analisis mengunakan pendekatan semiotik dapat membantu mengungkap konotasi, denotasi dan mytos kedalaman makna pesan dakwah dalam media sosial, sehingga pesan yang disampaikan lebih mudah diterima oleh audiens, terutama generasi muda dan dapat diterapkan dalam kehidupan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | MOHAMAD FARIS BAHRUL ULUM |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 07:25 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 07:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |