Pesan Semiotik Pada Akun Dakwah @Abhizar_Albirru Dalam Media Sosial Tiktok

BAHRUL ULUM, MOHAMAD FARIS (2025) Pesan Semiotik Pada Akun Dakwah @Abhizar_Albirru Dalam Media Sosial Tiktok. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933511618_prabab.pdf

Download (12MB)
[img] Text
933511618_BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
933511618_BAB2.pdf

Download (587kB)
[img] Text
93351618_BAB3.pdf

Download (184kB)
[img] Text
933511618_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933511618_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
933511618_BAB6.pdf

Download (16kB)
[img] Text
933511618_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
933511618_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
933511618_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (222kB)

Abstract

Ulum, Mohamad Faris Bahrul, 2024, Pesan Semiotik Pada Akun Dakwah @Abhizar_Albirru Dalam Media Sosial Tiktok, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Dosen Pembimbing (1) Dr. H. M. Dimyati Huda, M.Ag dan (2) Dr. Moch. Muwaffiqillah, M.Fil.I. Kata Kunci: Pesan Dakwah, Semiotika Roland Barthes, Media Sosial Tiktok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan dakwah yang disampaikan melalui akun TikTok @Abhizar_Albirru dengan pendekatan semiotik. Pesan dakwah yang disoroti mencakup tiga aspek utama, yaitu akidah, akhlak, dan syariah. Dengan menggunakan teori semiotik Roland Barthes, penelitian ini mengkaji makna konotasi, denotasi, dan mitos yang terkandung dalam konten dakwah akun tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan akidah sering kali disampaikan melalui simbol-simbol visual dan narasi yang menegaskan pentingnya keimanan kepada Allah, yang memiliki makna denotasi berupa ajakan untuk bertauhid, konotasi berupa penguatan nilai spiritual, dan mitos yang mengaitkan keimanan dengan kehidupan modern yang harmonis. Pesan akhlak diilustrasikan melalui cerita keseharian, dialog, dan ekspresi artistik yang mengandung makna denotasi berupa perilaku baik, konotasi tentang pentingnya hubungan sosial yang positif, dan mitos terkait citra ideal individu muslim. Adapun pesan syariah dihadirkan melalui konten yang menjelaskan praktik ibadah, hukum Islam, dan tata cara berperilaku sesuai syariat, dengan makna denotasi berupa pedoman praktis, konotasi mengenai keindahan hidup sesuai aturan agama, dan mitos yang mengaitkan ketaatan dengan keberhasilan hidup. Penelitian ini menyimpulkan Pesan dakwah akidah yang terkandung dalam konten tersebut adalah tentang Berprasangka baik pada Allah, menerima takdir dan menguatkan iman kepada allah. Pesan dakwah Akhlak adalah memperbaiki prilaku buruk yang menyimpang dan memiliki rasa malu. Pesan dakwah syariah tentang kewajiban sholat, kewajiban berhijab bagi muslim dan menjahui larangan-larangan Allah. Dalam analisis mengunakan pendekatan semiotik dapat membantu mengungkap konotasi, denotasi dan mytos kedalaman makna pesan dakwah dalam media sosial, sehingga pesan yang disampaikan lebih mudah diterima oleh audiens, terutama generasi muda dan dapat diterapkan dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: MOHAMAD FARIS BAHRUL ULUM
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:25
Last Modified: 23 Jun 2025 07:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/17675

Actions (login required)

View Item View Item