Interaksi Sosial Anak Autis Di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri

Jayanti, Andiny Romi (2020) Interaksi Sosial Anak Autis Di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933400813_pra bab.pdf

Download (604kB)
[img] Text
933400813_bab 1.pdf

Download (117kB)
[img] Text
933400813_bab 2.pdf

Download (166kB)
[img] Text
933400813_bab 3.pdf

Download (198kB)
[img] Text
933400813_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
933400813_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
933400813_bab 6.pdf

Download (64kB)
[img] Text
933400813_daftar pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
933400813_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)

Abstract

Salah satu tugas perkembangan pada masa kanak-kanak adalah interaksi sosial. Sayangnya, tidak semua anak bisa tumbuh dengan normal, beberapa anak memiliki gangguan pada perkembangan, salah satu gangguan itu adalah autis. Masalah yang umum terlihat pada anak autis adalah kesulitan melakukan interaksi sosial. Adapun lembaga pendidikan yang memberikan pelayanan terapi pada anak dengan gangguan autis adalah Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” yang berlokasi di Mrican, Kota Kediri, yang cukup dikenal oleh masyarakat Kediri sebagai tempat terapi yang melatih kemampuan kognitif, motorik, dan afektif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana bentuk interaksi sosial pada anak autis dan faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak autis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan secara naratif. Penggumpulan data menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan observasi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri, beralamat di Jalan Dworowati No.59, Dermo, Kec. Mojoroto, Kota Kediri. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 anak autis berusia 7-9 tahun. Data primer penelitian ini adalah hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekundernya adalah dokumentasi, jurnal dan buku. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap pra-lapangan, analisis lapangan, kemudian mereduksi data untuk penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan agar diperoleh data yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bentuk interaksi sosial pada anak autis di Pendidikan Khusus Autis “Cahaya Harapan” Kota Kediri adalah bentuk perilaku persaingan. Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada anak autis adalah faktor imitasi dan simpati. Anak autis mampu mengimitasi perilaku yang sering ia lihat baik di rumah maupun di tempat terapi. Demikian pula, anak autis mampu menunjukkan rasa simpati apabila dimarahi oleh orang tuanya dengan cara menangis.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:13
Last Modified: 12 Nov 2020 06:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item