SAFITRI, E’EN ENDAH DEWI (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI SMP PENDIDIKAN KHUSUS NEGERI SEDURI MOJOSARI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932113213_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932113213_BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
932113213_BAB II.pdf Download (335kB) |
|
Text
932113213_BAB III.pdf Download (307kB) |
|
Text
932113213_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text
932113213_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
932113213_BAB VI.pdf Download (285kB) |
|
Text
932113213_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: Upaya Guru, Minat Membaca, Anak Tunarungu Ilmu pengetahuan hampir keseluruhan disampaikan dalam bentuk tulisan. Jadi sudah merupakan suatu kebutuhan bahwa belajar atau menuntut ilmu memerlukan kegiatan membaca buku. Untuk itu diperlukan adanya upaya guru dalam meningkatkan minat membaca bagi anak tunarungu. Seorang pendidik atau guru harus berusaha bagaimana menarik minat membaca anak tunarungu terhadap buku bacaan, karena dengan bacaan para anak tunarungu akan memperoleh informasi baru dan menambah pengetahuan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat membaca anak tuna rungu di SMP Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat membaca anak tuna rungu di SMP Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian kualitatif mempunyai ciri antara lain: latar alami dan peneliti sebaga instrument kunci. Peneliti bersifat deskriptif dan analisa data secara induktif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, serta wawancara. Dimana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karena itu analisa data menggunakan tehnik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) upaya guru dalam meningkatkan minat membaca anak tunarungu adalah penyediaan sumber atau bahan bacaan yang menarik dan bervariasi bagi siswa, memberikan motivasi, menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang menarik,memberikan tugas membaca. 2) a. faktor pendukung dalam meningkatkan minat membaca anak tunarungu adalah kecerdasan anak yang tinggi dan kemampuan mendengarnya ringan, adanya kesadaran orang tua, adanya fasilitas yang memadai. b. faktor penghambat dalam meningkatkan mnat membaca anak tunarungu adalah kecerdasan yang rendah dan kemampuan mendengarnya kurang, kurangnya perhatian orang tua, adanya libur panjang, dan adanya tiga tema untuk guru di setiap kelasnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 03:10 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 03:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1765 |
Actions (login required)
View Item |